Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Presiden Jokowi Ajak Ketua APEKSI Rangsang Pertumbuhan Ekonomi

×

Presiden Jokowi Ajak Ketua APEKSI Rangsang Pertumbuhan Ekonomi

Sebarkan artikel ini

GSVL : Pelayanan Satu Atap Akan Ditingkatkan

manado
Walikota GSVL duduk paling kanan di deretan para menteri.(ist)

MANADO, (manadoterkini.com) – Kapasitas Walikota GS Vicky Lumentut sebagai Ketua Asosisiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) sunggu luar biasa dampaknya bagi Kota Manado. Pasalnya, saat pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla di Istana Bogor, belum lama ini GSVL sapaan akrab Walikota Manado dititipkan untuk merangsang perumbuhan ekonomi di daerah teramasuk didalamnya Manado, Sulawesi Utara.

Salah satunya permintaan Presiden untuk menjadikan kota berinovasi, termasuk Kota Manado. “Pak Presiden minta agar rangsang daerah kita menjadi kota berinovasi agar mampu berkompetisi dengan kota-kota lain,’’ kata GSVL, sapaan akrab Walikota kepada wartawan usai menghadiri Musrenbang.

Kota Berinovasi misalnya menurut GSVL, Manado harus mencari ciri khas kota kemudian dipasarkan sehingga pertumbuhan ekonomi juga ikut teransang dengan memberikan kemudahan-kemudahan kepada investor. “Jadi pelayanan satu atapnya dalam memberikan izin-izin harus ditingkatkan,’’ jelas GSVL.

Jakarta
Ketua APEKSI GS Vicky Lumentut bersama Menteri Bappenas

Yang menjadi kendala, di Manado dalam memberikan izin belum begitu lancar karena masih ditangani instansi bentuk badan. “Jadi sifatnya masih koordinasi,’’ katanya.

GSVL memberikan contoh, dalam mengurus izin IMB misalnya, masih diurus ke Dinas Tata Kota. Begitu juga soal Amdal dan Amdal Lalin, masih harus dikirm ke Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan. “Jadi diusulkan semua izin-izin harus dieksekusi di kantor pelayanan satu atap. Tapi yang terjadi kan, Pelayanan Satu Atap itu harus mengirim izin-izin itu ke instansi-instasi tadi. Jadi saya bilang ke Pak Presiden, nanti kita akan rumuskan bagaimana caranya,’’ tandas GSVL.(*/ald)