Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahanPolitik

KPU Sulut Lounching Pilkada Serentak

×

KPU Sulut Lounching Pilkada Serentak

Sebarkan artikel ini
manado
Wagub melepas balon gas.(ist)

SULUT, (manadoterkini.com) – Lounching pilkada serentak ini berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Sulut No.2/Kpts/KPU-Prov-013/Pilgub/2015 Tentang pedoman teknis tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernu/Wagub Tahun 2015 Tanggal 17 April 2015. Hal itu diungkapkan Ketua KPU Sulut Yessy Y Momongan STh Msi, usai Launching dimulainya tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Jumat (17/4) di kantor KPU Sulut.

“Untuk pendaftaran caleg Gubernur/Wagub tanggal 26 Juli s/d28 Juli 2015, dan hasil pemunggutan suara pada hari Rabu 9 Desember 2015. Dan mulai hari ini tahapan penyelenggaraan pemilihan Gubernur/Wagub sudah dimulai.

Acara yang dihadiri Kapolda Sulut Sulut Brigjen Pol Drs Wilmar Marpaung SH dan Wagub Sulut, ditandai dengan pelepasan balon gas.

Untuk itu, faktor utama sukses tidaknya penyelenggaraan pilkada adalah sangat ditentukan oleh dewan kehormatan penyelenggara pemilu , KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu. Karena sebagai sebagai pelaksana dan wasit dari pemilu kepala daerah. Maka personifikasi anggota dan pimpinan lembaga penyelenggara haruslah independen dan tidak berasal dari parpol manapun.

Hal penting pula yang perlu diperhatikan yaitu penjadwalan maupun penytiapan atau penyempurnaan atas berbagai regulasi terkait, termasuk anggaran pemilu. “Memahami akan perspektif tersebut, maka menjadi harapan kiranya dengan dilaksanakaqn lounching ini akan terbentuk dan terimplementasi konsep,pola dan aktualisasi penylenggaraan pemilu yang ideal dan benar-enar baik, efektif, efisien serta menjawab harapan kita semua, “terang Kansil.

Sementara Sekretaris KPU Sulut Yona Oroh SH mengatakan, tahapan pemilihan Gubernur/Wagub dilaksanakan melalui 13 tahapan yang dimulai dari perencanaan program dan anggaran serta evaluasi dan pelaporan.

Hadir Sekprov Sulut Ir Siswa R Mokodongan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung MSi, anggota KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se- Sulut.(tim)