Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanBitung

Tahun Ini Terget Pembebasan Tanah Jalur Jalan Tol Manado-Bitung

×

Tahun Ini Terget Pembebasan Tanah Jalur Jalan Tol Manado-Bitung

Sebarkan artikel ini
Kota Bitung
Fabian Ebby Kaloh

BITUNG, (manadoterkini.com) – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Fabian Kaloh SIP Msi, menuturkan pembebasan lahan yang diperuntukan untuk jalur jalan Tol Manado-Bitung melewati daerah Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung akan dituntaskan tahun ini.

Adapun wilayah yang dilewati jalur jalan tol di Kota Bitung antara lain Kecamatan Matuari, Kecamatan Ranowulu, Kecamatan Madidir, Kecamatan Girian dan Kecamatan Maesa.

”Pembebasan lahan untuk jalan tol ditargetkan selesai tahun ini, untuk itu masyarakat dimintakan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan ini,” tuturnya.

Lanjutnya, hasil rapat bersama Kakanwil BPN Sulut Monsel Hutagol, SH bersama Asdatum Kejati M. Teguh dan Kadis PU Provinsi Sulut JE Kenap, berserta 5 Camat dari Kota Bitung yakni melaksanakan semua tahapan proyek pembebasan lahan jalan tol sesuai aturan sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, Peraturan Presiden RI Nomor 71 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaran Tahan Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.

Peraturan Presiden RI Nomor 40 Tahun 2014 Perubahan Atas Aturan Perpres RI Nomor 71 Tahun 2012 dan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2014 tentang Perubahan Kedua atas Perpres RI Nomor 71 Tahun 2012, Ruas Jalan yang bergeser segera direvisi penetapan lokasinya, Satgas A dan B segera buatkan jadwal untuk turun identifikasi.

“Pekan ini Kakanwil akan turun langsung untuk mengecek semua titik dimulai dari Ringroad. Koordinasi dengan Pemkot/Camat/Lurah setempat untuk identifikasi lahan, pengumpulan data yuridis dokumen kepemilikan lahan, Konsultasi Publik tetap dilaksanakan. Biaya pengukuran dan biaya lain-lain akibat kegiatan ini segera diusahakan dan daerah yang siap pembebasan lahannya, secara langsung dilakukan proses pencairan/pembayaran,”pungkasnya.(onx)