Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEkonomi dan BisnisPemerintahan

Kansil Ajak Koperasi dan UMKM Ciptakan Produk Kreatif Berdaya Saing

×

Kansil Ajak Koperasi dan UMKM Ciptakan Produk Kreatif Berdaya Saing

Sebarkan artikel ini

Wagub SulutSULUT, (manadoterkini.com) – Pemerintah Provinsi Sulut dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM Sulut memiliki komitmen kuat untuk senantiasa mendorong dan membantu Koperasi dan UMKM agar menjadi juara di negeri sendiri, dan pemain yang diperhitungkan di pasar dalam dan luar nengeri.

“Koperasi dan UMKM tidak hanya berjalan karena adanya UU, Perpres atau Kepres. Tetapi Koperasi dan UMKM hanya dapat berjalan dengan usaha yang keras membangun kebersamaan dalam pengelolaan usaha, memiliki etos kerja , mampu bermitra dengan pelaku usaha yang lain sekaligus membuka usaha yang lain, sekaligus membuka jaringan usaha seluas-luasnya, sehingga mampu memproduksi produk-produk yang potensial di berbagai bidang, termasuk pertanian, perikanan,peternakan, kehutanan secara bersama-sama.

Hal itu ditegaskan Wagub Sulut Dr Djouhari Kansil MPd saat membuka The 5th SMEsCO Sulut Exhibition 2015 (Pameran prosuk unggulan koperasi dan UMKM) dan Peringatan Hari Koperasi ke-68 Provinsi Sulut, di atrium multimart kawasan mega mas Manado, Selasa (11/08).

The 5th SMEsCO Sulut Exhibition 2015 menjadi kesempatan baik untuk menunjukan berbagai produk inovatif hasil karya Koperasi dan UMKM Sulawesi Utara dalam meningkatkan dan mengembangkan usahanya ke jenjang yang lebih tinggi serta bisa menciptakan lapangan kerja baru ungkap Wagub.

Kegiatan yang diikuti UMKM Kabupaten/Kota se-Sulut dan Koperasi primer itu berlangsung sukses.

Menurut orang nomor dua di Sulut itu kebersamaan memegang peranan penting dalam menumbuh kembangkan kemakmuran rakyat. Namun diakui dalam pelaksanaannya sehari-hari tidak selamanya kebersamaan itu berjalan mulus, tetapi tidak jarang terjadinya perbedaan-perbedaan yang tentunya memiliki keuntungan maupun kekurangan sehingga kebersamaan merupakan kekuatan yang dapat bersiang dengan apapun, jelas Kansil.

Bagian lain Kansil juga mengatakan, koperasi juga dituntut untuk memiliki semangat dan jiwa kewirausahaan, guna membangun daerah sulut melalui koperasi sebagai penggerak ekonomi kerakyatan. Disamping itu, koperasi harus mampu membuka wawasan dan mengembangkan inovasi dalam pengembangan produk-produk yang menunjang sektor pariwisata sebagai cenderamata yang mencerminkan ciri khas daerah.”Dalam usaha memasarkan produk, maka koperasi juga harus berperan memperluas jaringan usaha terutama membangun kerjasama dengan pemerintah dan stakeholder terkait, ujar kansil.(alfa)