Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Karo Umum : Kondisi Rudis Dalam Keadaan Baik

×

Karo Umum : Kondisi Rudis Dalam Keadaan Baik

Sebarkan artikel ini
Ringkuangan
Jemmy Ringkuangan

MANADO, (manadoterkini.com) – Mantan Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dan Wakil Gubernur Sulut (Wagub) DR Djouhari Kansil MPd akhir pekan lalu, telah mengembalikan seluruh fasilitas dan aset milik negara yang digunakan semasa menjabat. Ini ditandai dengan meninggalkan atau keluar dari rumah dinas (rudis) yang berada di kawasan Bumi Beringin Manado, dan diserahkan kembali kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, melalui Biro Umum Setdaprov.

Kepala Biro Umum Setdaprov Sulut, Jemmy Ringkuangan AP MSi menyatakan, dari hasil pemeriksaan rudis gubernur dan wagub yang dilakukan oleh pihaknya bersama tim dari Bagian Rumah Tangga dan Bagian Aset Pemprov Sulut, didapati kondisi rudis dan aset yang dikembalikan tersebut dalam keadaan baik.

“Kondisi rudis semuanya dalam keadaan baik, termasuk sejumlah aset fasilitas kendaraan-kendaraan dinas yang digunakan semasa mereka menjabat sebagai Gubernur dan Wagub Sulut,” ujar Ringkuangan usai melakukan pemeriksaan, Minggu (27/9) kemarin.

Namun diakui Ringkuangan, ada sebagian kecil fasilitas dan aset yang perlu perbaikan serta perawatan. Akan tetapi, bagian-bagian tersebut merupakan aset dan fasilitas yang memiliki masa habis pakai.

“Bagian-bagian yang membutuhkan perawatan dan perbaikan ini masih dalam kategori wajar. Karena memang aset dan fasilitas tersebut digunakan selama menjabat yakni 5 tahun lamanya. Dan itu juga merupakan aset dan fasilitas yang memiliki masa habis pakai,” ungkapnya.

Hasil pemeriksaan ini, lanjut Ringkuangan, akan segera dilaporkan dan dikoordinasikan dengan Penjabat Gubernur Sulut Soni Sumarsono dan Sekprov Sulut Ir SR Mokodongan, sebagai bahan pelaporan aset Pemprov Sulut kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Ini bertujuan agar pihak BPK dalam melakukan pemeriksaan memiliki data dasar, sehingga ini menghindari adanya opini kerugian negara,” tuturnya.

Ringkuangan juga mengatakan, Penjabat Gubernur Sulut Soni Sumarsono akan segera menempati rudis gubernur di Bumi Beringin Manado dalam waktu dekat ini. “Akan tetapi, kami terlebih dahulu akan melakukan perbaikan serta penataan fasilitas-fasilitas dan aset tersebut sebelum dipakai atau digunakan oleh Penjabat Gubernur. Dan ini akan dilakukan secepatnya,” tandasnya.(alfa/tim)