Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Kemenpora Suport Pemuda Pelaku Usaha di Manado

×

Kemenpora Suport Pemuda Pelaku Usaha di Manado

Sebarkan artikel ini

MANADO, (manadoterkini.com) – Pemuda pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Manado, mendapat perhatian Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) RI. “30 pelaku UKM pemula diseleksi dan akan dipilih lima yang terbaik untuk mendapatkan uang tunai,” kata Supadi, Kepala Bidang Pemanfaatan Iptek Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda Kemenpora RI.

Supadi mengatakan Kemenpora menyediakan hadiah uang tunai Rp15 juta sebagai dana stimulan atau perangsang bagi pengusaha muda pemula di Manado yang berkomitmen menjadi wirausaha, sesuai UU nomor 40/2009.

Kegiatan seleksi pengusaha muda pemula di Manado tersebut dilaksanakan dengan menggandeng Dinas Koperasi dan UMKM Manado, karena yang dipilih adalah pelaku UKM yang baru mulai usahanya.

“Pelakasana kegiatan Dinas Koperasi dan UMKM adalah instansi yang berwenang mengurusi usaha mikro kecil dan menengah,” ujar Supadi.

Lebih lanjut Supadi menjelaskan, setiap peserta diberi kesempatan mempresentasikan usahanya, dan dinilai apakah memenuhi syarat terkait inovasi, kesiapan diri dengan pengetahuan bisnis, ilmu pengetahuan dan teknologinya, pemasaran, keuangan, serta kemampuan merebut potensi pasar.

“Ada kredit yang tinggi untuk produk yang mampu memproduksi sesuatu yang bisa dipasarkan di luar Manado, sampai luar negeri. Ini bisa membuka lapangan pekerjaan, dan akan dilakukan pendampingan untuk mendapatkan dana stimulan dari Kemenpora,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Manado, Ricky Poli mengatakan, kegiatan menjadi semangat baru bagi para pengusaha muda khususnya yang berumur 16-30 tahun.

“Pemerintah daerah berharap seleksi teknoprener muda akan menjadi pemacu sekaligus motivasi bagi pemuda-pemuda lainnya agar mau membuka usaha yang akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja,” katanya.

Kegiatan seleksi teknopreneur dilaksanakan Kemenpora setiap tahun, dimana 2015 ini ada lima kabupaten dan kota di Indonesia, yakni Medan, Kutai Kertanegara, Tanjung Pinang, Pontianak, Manado.(tim)