Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Sumarsono : Olahraga Rakyat, Pacuan Kuda Bakal Dilaksanakan Setiap Bulan

×

Sumarsono : Olahraga Rakyat, Pacuan Kuda Bakal Dilaksanakan Setiap Bulan

Sebarkan artikel ini

SULUT, (manadoterkini.com) – Seking senangnya nonton kejuaraan olahraga pacuan kuda di gelanggan pacuan Maesa Tompaso, Penjabat Gubernur Sulut, Soni Sumarsono MDM, berencana akan melaksanakan sebulan sekali. “Olahraga ini akan saya buat tiap bulan sekali. Karena ini bukan olahraga elit, tapi olahraga rakyat yang harus dilestarikan,” kata Sumarsono, sembari menyikapi laporan Kadis Pora Sulut Drs Mecky M Onibala MSi yang juga selaku Ketua Umum Posdasi Sulut yang menyatakan, Sulut pernah meraih lima kali juara umum Posdasi sehingga berhasil memperhatahankan piala Presiden.

Pacuan Kuda

Terkait dengan kesiapan cabang olahraga ini dalam PON di Bandung mendatang, Sumarsono minta pengurus untuk mempersiapkan dengan matang. “Mulai sekarang dipersiapkan secara matang baik joki maupun kuda, sekaligus berharap Sulut bisa menjadi juara umum kembali, “tandasnya.

Dilain pihak, Dirjen otonomi Daerah Kemendagri RI mengakui sudah 30 tahun tidak perna nonton pacuan kuda. “Sudan 30 tahun saya tidak pernah nonton pacuan kuda,” ujarnya saat. Pengakuan orang nomor satu di sulut itu, diungkapkan kepada wartawan usai nonton kejuaraan pacuan kuda dalam rangka HUT ke-51 Provinsi Sulut dan Sumpah Pemuda 2015 bersama mantan Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang masing-masing bersama Ibu, Sabtu (31/10) lalu.

Pacuan Kuda

“Sudah 30 Tahun lamanya saya tidak pernah nonton pacuan kuda seperti ini. Baru kali ini di gelanggan pacuan Maesa Tompaso Minahasa saya lihat, betapa merakyatnya olah raga berkuda di Sulawesi utara,” aku Sumarsono.

Onibala sendiri menyatakan, akan menindaklanjuti arahan Gubernur untuk menggelar kembali kejuaraan berkedua di akhir tahun ini, paling lambat 5 Desember 2015 mendatang.

“Sebagai bawahan saya harus katakan siap kepada Pak Gubernur dan tidak ada kata menyerah untuk menggelar kembali kejuaraan ini, seperti permintaan beliau. Karena beliau sendiri mengakui berkuda telah menjadi olah raga rakyat dan sudah banyak kali megharumkan nama baik sulut di tanah air,” kunci mantan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sulut.(tim)