Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanBitung

Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara, Bitung Pertahankan Predikat Kota Sehat

×

Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara, Bitung Pertahankan Predikat Kota Sehat

Sebarkan artikel ini
Kadis kesehata bitung
Kadis Kesehatan Bitung bersalaman dengan Menteri Kesehatan RI
Kadis Kesehatan Bitung
Kadis Kesehatan Kota Bitung diapit Walikota Manado dan Bupati Minut saat menghadiri penerimaan Kota Sehat

BITUNG, (manadoterkini.com) – Kota Bitung berhasil mempertahankan predikat Kota Sehat dengan kategori Swasti Saba Wistara. Penghargaan tersebut serahkan oleh Menteri Kesehatan RI dan diterima oleh Kadis Kesehatan kota Bitung dr Vonny Dumingan mewakili Walikota Bitung Hanny Sondakh di Hotel Bidakara Jakarta Selatan.

“Penghargaan Kota sehat yang dilaksanakan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2015, dalam rangkaian memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-51, dan Predikat Kota Sehat dilaksanakan oleh Kementrian Kesehatan dua tahun sekali,” kata Sondakh, Rabu (2/12).

Ia menambahkan, Penghargaan Swasti saba diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten yang telah memberikan banyak kontribusi dan komitmen besar terhadap tujuan pembangunan kesehatan. Penghargaan Kota Sehat memiliki jenjangnya seperti Swastisaba Pa¬dapa, Swastika Saba Wiwerda (pembinaan), dan Swasti Saba Wistara.

Penghargaan Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat kepada Kota Sehat di Indonesia. Ada 8 Indikator Pokok yang berhasil dipenuhi oleh Kota Bitung sehingga diberi status Kota Sehat oleh pemerintah pusat yakni; Wajib Belajar 9 Tahun, Angka Melek Huruf yang Meningkat, Pendapatan Perkapita Domestik yang meningkat, Angka Kematian Bayi per 1000 kelahiran hidup yang menurun, Angka Kematian Balita per 1000 kelahiran hidup yang menurun, Angka Kematian Ibu Melahirkan per 100.000 kelahiran hidup yang menurun dan Adanya RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah).

“Penghargaan ini diraih atas kerjasama dan peran serta semua pihak yang terkait terutama seluruh masyarakat kota Bitung dalam menjalankan pola hidup sehat baik sehat diri dan sehat lingkungan sekitarnya, penghargaan ini akan lebih memacu pihak Pemkot untuk berbenah dan berusaha lebih baik terutama dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat,” pungkasnya.(ref)