Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Penjabat Gubernur Sulut Pantau Pilkada Serentak

×

Penjabat Gubernur Sulut Pantau Pilkada Serentak

Sebarkan artikel ini

SULUT, (manadoterkini.com) – Penjabat Gubernur Sulut, DR Soni Sumarsono bersama Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) memantau langsung pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak lebih khusus pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Rabu (09/12) di Kota Manado.

Pantau Pilkada Serentak

Sumarsono yang juga didampingi Ketua TP-PKK Dra Tri Rachayu mengawali pemantauan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 Kelurahan Winangun Atas, Kecamatan Pineleng, Minahasa. Ditjen Kemendagri tersebut kemudian melanjutkan pemantauan di beberapa TPS di Kelurahan Wanea, Kecamatan Wanea.

Dari Wanea, Sumarsono memantau TPS 1 Kelurahan Kleak bertempat di lantai dua RSJ Ratumbuisang, kemudian ke TPS di Kelurahan Singkil dan berakhir di LP Tuminting. Sumarsono juga memantau proses perhitungan suara di TPS 3 Kelurahan Bumi Beringin.

Usai melakukan pemantauan Gubernur langsung menggelar Video Conference dengan Staf Ahli Mendagri Bidang, Hukum dan Kesatuan Bangsa (Kesbang) Dr. Didi Suprayitno MM sekaligus selaku Ketua Desc Pilkada Kemendagri RI ini, di ruang rapat Ex WOC Kantor Gubernur.

“ Khusus untuk Sulut saya bersama unsur Forkopimda sudah melakukan keliling sejak pagi hari tagi guna memantau pelaksanaan pilkada serentak baik yang ada di Kelurahan, Rumah Sakit maupun di Lemba Pemasyarkatan (LP,red) Kelas Dua A Tuminting. Secara umum dapat di laporkan semua dalam suasana kondusif dan berjalan aman dan terkendali,” jelas Sumarsono.

Evaluasi Pilkada Serentak

Khusus menyangkut pilkada di Kota Manado yang mengalami penundaan pelaksanaannya, Sumarsono menyebutkan, aman-aman saja. “Secara psikologis saya kira itu ada pengaruhnya, akan tetapi tidak terlalu banyak, “aku Dirjen Otda Kemendagri RI ini.

Kesempatan itu, Gubernur telah melaporkan pelaksanaan pilkada serentak yang berlangsung di wilayah kepulauan di Nusa Utara, juga berjalan aman dan lancar. “Ini berkat kerjasama yang baik diantara unsur Forkopimda Sulut terutama Dan Lanudsri serta Dan Lantamal VIII yang telah banyak membantu mengirimkan bahan logistik pemilu, sehingga seluruh TPS di kepulauan itu, sampai saat ini tidak mengalami kekurangan,” ujarnya, sembari menambahkan karena pilkada serentak di Sulut dianggap paling besar karena selain Pilgub juga ada 7 Kabupaten/Kota menggelar Pilkada Serentak ini. “Saya meyakini angka partisipasi pemilih sulut dalam pilkada serentak kali ini, saya hanya berani mematok diatas 70 persen,” tandas jebolan S3 Universitas Negeri Jakarta ini.

Untuk diketahui unsur Forkopimda yang ikut memantau Pilkada Serentak diantaranya, Kejati Teuku Syah Rizal SH, Dan Rem 131 Santiago Brigjen TNI Sulaiman Agusto, Dan Lantamal VIII Laksma TNI Mamahan Simorangkir, Dan Lanudsri Kol. Pnb. Djoko Tjahyono dan Kabid Propam AKBP Eko Widyanto mewakili Kapolda Sulut.

Nampak juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung, Kaban Kesbang Politik Edwin Silangen, Kadis Pehuhungan dan Kominfo Joi Oroh serta Karo Pemerintahan dan Humas Dr Jemmy Kumendong Msi, turut mendampingi Gubernur dan unsur Forkopimda melakukan pemantauan Pilkada Serentak.(alfa)