Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEkonomi dan BisnisPemerintahan

Menteri ESDM Tidak Jamin Listrik Sulut Aman Hingga Natal

×

Menteri ESDM Tidak Jamin Listrik Sulut Aman Hingga Natal

Sebarkan artikel ini

Kapal Pembangkit Listrik Masih Tertahan di Tanjung Priok

Menteri ESDMSULUT, (manadoterkini.com) – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menyatakan, bahwa listrik Sulut baru akan aman, tahun baru. Hal itu disampaikannya pada peresmian pengoperasian terminal baru BBM PT AKR Corporindo Mineral sejumlah daerah yang dipusatkan Bitung.

Terminal baru BBM lainnya adalah di Palarang Kaltim, Gabion Medan, Pontianak Kalbar dan Banjarmasin Kalsel serta perluasan terminal lama Pontianak Kalbar dan Banjarmasin Kalsel. “Tahun baru nanti listrik di Sulut baru akan aman, alias tidak lagi terjadi pemadaman bergilir lagi,” kata Sudirman sekaligus menjawab pertanyaan dari Penjabat Gubernur Sulut Dr Sumarsono MDM.

Karena itu Menteri meminta maaf kepada seluruh warga Sulut terutama bagi umat Kristiani di daerah ini yang akan merayakan Natal pada 25 Desember nanti, karena belum bisa memenuhi keinginan ini. “Kami mohon maaf karena kapal Marine Vessel Power Plant Karadeniz Powership Zeynep Sultan yang merupakan kapal pembangkit listrik terapung mengalami sedikit keterlambatan keberangkatan dari Tanjung Priok ke Amurang. Kapal nanti tiba tanggal 23 Desember 2015 selanjutnya ada proses penyambungan sistem jaringan listrik dari kapal ke darat itu memakam waktu paling tidak semingu lamanya,” katanya lagi.

Sebelumnya Gubernur meminta agar Pak Menteri dapat membantu krisis listrik yang terjadi di Sulut termasuk ketersediaan listrik dan pasokan BBM di wilayah kepulauan.” Ironi memang sementara Presiden Jokowi lewat konsep membangun Indonesia dari pinggiran, akan tetapi ketersediaan listrik serta pasokan BBM di wilayah kepulauan dan perbatasan tidak maksimal. Padahal wilayah perbatasan merupakan beranda terdepan dari NKRI,” tegas Dirjen Otda Kemendagri RI ini.

Sebelumnya, Sumarsono telah berjanji kepada warga Sulut bahwa pada hari Natal nanti, bakal tak ada pemadaman lagi karena kapal pembangkit tenaga listrik sudah akan tiba di Amurang 17 Desembe. “Tapi karena keberangkan kapal tersebut mengalami perubahan dari jadwal semula, serta lamanya pengurusan surat-surat di PT Pelindo Jakarta sehingga terjadi keterlambatan,” tambah dia lagi.

Namun Gubernur berharap, PLN Wilayah Suluttenggo dapat menyiasati, sehingga hari Natal nanti tidak terjadi pemadaman listrik, sehingga umat Kristiani bisa merayakan Natal dengan penuh kedamaian. “Sementara terkait dengan iklim investasi, sata jamin di Sulut aman, karena warga Sulut Welcome dan saya juga memberi dukungan penuh bagi investor yang akan menanamkan modalnya di Sulut. Apalagi Bitung saat ini sudah ditetapkan sebagai lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Pada prinsipnya KEK Bitung bisa beroperasi dengan tanpa masalah,” sebut Sumarsono.

Terkait dengan Infrastruktur penting yang akan dan serta di bangun di Sulut yaitu jalur rel kereta api Bitung-Makassar, jalan Tol Manado-Bitung serta pembangunan Ring road II dan III sementara dalam pengerjaan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung, Asisten Ekonomi Pembangunan Drs Sanny Parengkuan MAP, Karo Ekonomi Jane Mendur SE, Karo SDA Dr Frangky Manumpil serta Staf Ahli Gubernur Drs Rudy Roring.(alfa)