Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanMinahasa

Gungung Soputan Meletus, Muntahan Abu Vulkanik Capai 2 Kilometer

×

Gungung Soputan Meletus, Muntahan Abu Vulkanik Capai 2 Kilometer

Sebarkan artikel ini

Soputan SoputanMTerkini.com, MINAHASA – Gunung Soputan yang berada di antara Wilayah Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kabupaten Minahasa Selatan, Senin (04/01/2016) sekitar Pukul 20.05 WITA meletus. Dimana muntahan debu vulkanik gunung api teraktif di Sulawesi Utara itu mencapai 2 kilometer.

“Letusan itu disertai semburan lava ke arah timur, sementara asap dan debu vulkanik terpancar ke atah tenggara,” ujar Asep salah satu petugas pemantau Gunung Soputan.

Letusan gungung tersebut mengakibatkan naiknya status dari siaga II ke siaga III. Warga sendiri diminta untuk tidak mendekati dan beraktifitas dengan jarak 6,5 kilometer dari lokasi gunung.

“Dilarang beraktifitas ke arah barat daya, barat laut dari puncak gunung soputan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

Masyarakat Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara tetap beraktivitas normal. Tidak ada kepanikan karena masyarakat sudah terbiasa dengan kondisi erupsi Gunung Soputan yang sering meletus dengan intensitas yang terlalu besar.(tim)