Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanBitungEkonomi dan Bisnis

Penjabat Gubernur Apresiasi Perkembangan Kota Bitung

×

Penjabat Gubernur Apresiasi Perkembangan Kota Bitung

Sebarkan artikel ini

Sumarsono : Lomban Mampu Menyelesaikan Berbagai Masalah di Bitung

LombanMTerkini.com, BITUNG – Perkembangan pelaksanaan proyek di Kota Bitung mendapat apresiasi Penjabat Gubernur Sulut, Dr Soni Sumarsono MDM. Hal itu terungkap dalam Rapat Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Graha Bumi Beringin, Selasa (19/01/2016).

Meski disatu sisi masih terkendala sedikit dengan sengketa lahan yang akan diperuntukan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, tapi Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini tetap optimis kendala dapat diatasi.

“Saya yakin penerapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kota Bitung akan terlaksana apapun kendalanya. KEK adalah harga mati dan itu harus jalan,”kata Sumarsono.

Tentunya, dengan menyelesaikan satu persatu kendala, Sumarsono optimis Wawali Bitung Max Lomban akan mampu menyelesaikan hal tersebut. “Karena semua masalah pasti ada solusinya. Saya optimis Pak Lomban mampu menyelesaikan berbagai masalah yang ada di Kota Bitung, mulai dari KEK, Pembangunan jalan Tol. Dan Pemerintah Provinsi siap membantu dan mendukung Pemerintah kota Bitung agar masalah tersebut dapat segera diatasi,” tutur Sumarsono.

Sementara itu, Lomban yang diberikan kesempatan untuk mempresentasikan Evaluasi hasil pelaksanaan RKPD Kota Bitung tahun 2015, menuturkan Pemkot Bitung, akan terus berusaha semaksimal mungkin memperjuangkan terlaksananya penerapan KEK Bitung. “Terkait dengan masalah lahan KEK, Pemkot Bitung akan berupaya semaksimal mungkin,” kata Lomban.

Lanjutnya, menjelaskan sudah ada titik terang terselesaikannya masalah tersebut dengan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dan melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat lewat sosialisasi bahkan berbagai penjelasan tentang dampak positif terhadap ekonomi masyarakat jika KEK telah berjalan.

Begitu pun dengan berbagai program pembangunan di Kota Bitung, berjalan dengan baik, hanya saja pertumbuhan ekonomi akan sedikit berbeda dari tahun kemarin yang kemungkinan mengalami penurunan

“Saya berasumsi pertumbuhan ekonomi kita kurang lebih 5%, ini dikarenakan masalah disektor perikanan yang kontribusnya mencapai 50% bagi perekonomian kota Bitung,” jelas Lomban.

Lomban dalam kesempatan itu juga memaparkan tentang Evaluasi APBD kota Bitung Tahun 2015 dimana Pendapatan dengan Target sebesar 725,429,140,000 mampu terealisasi sebesar 99,81% atau 724,062,475,263 sedangakan Belanja Terealisasi sebesar 93,55% dari target 808,243,760,558 atau sebesar 756,144,170,437.

Untuk diketahui, dalam RKPD yang diikuti kepala Daerah di 15 Kabupaten/Kota dipimpin langsung Penjabat Gubernur didampingi Sekretaris Provinsi Ir Siswa R Mokodongan yang dihadiri oleh Wakil Walikota Bitung sekaligus Walikota Bitung terpilih pada Pilkada 9 Desember 2015 lalu.(ref)