Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Nusa Utara

Di Talaud, Warga Kecewa Tulude Kerap Ditunda

×

Di Talaud, Warga Kecewa Tulude Kerap Ditunda

Sebarkan artikel ini
Tito Tatoda
Toko Muda Talaud Tito Tatoda

MTerkini.com, MELONGUANE – Akibat sering ditunda pelaksanaan Upacara Adat Tulude di Kabupaten Kepulauan Talaud, maknanya makin pudar. Demikian tegas Tokoh muda Talaud, Tito Tatoda, Selasa (9/2/16).

Saat dihubungi manadoterkini.com, pria yang getol menyuarakan aspirasi kaum kecil di tanah Porodisa ini mengaku kesal dengan panitia Upacara Adat Tulude yang sering menunda nunda pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Saya jelas kecewa dengan Upacara Adat Tulude, harusnya digelar setiap tanggal 31 Januari. Tapi kenyataannya oleh panitia sering ditunda. Hal ini jelas membuat sebagian besar warga kecewa, akibatnya perayaan tersebut kurang diminati, jangankan di Talaud, di Sangihe dan Sitaro juga demikian, makna Tulude terasa kian memudar maknanya, “beber Tatoda.

Tak hanya itu kata Tatoda untuk berikutnya pihak Pemerintah harus mematangkan persiapannya jauh sebelumnya dan dilaksanakan tepat waktu. Panitianya juga diganti.

“Tak ada alasan, tetap harus digelar 31, panitia diganti dan dipercayakan kepada gereja agar semua ikut hadir dalam acara itu dan kami yakin akan meriah, kita lihat saja perkembangannya, “tutup Tatoda. (vic)