Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Tua Muda Rayakan Valentine Dengan Cara Piknik di Kebun

×

Tua Muda Rayakan Valentine Dengan Cara Piknik di Kebun

Sebarkan artikel ini

MTerkini.com, RANOYAPO – Valentine merupakan hari kasih sayang yang banyak di rayakan oleh kaum muda. di mana kita ketahui valentine di simbolkan dengan pembagian coklat kepada orang terdekat atau yang disayangi.

Budaya kebiasaan barat ini juga telah merambat ke Minahasa Selatan khususnya di Desa Ranoiapo Kecamatan Ranoyapo. Valentine di rayakan dengan acara piknik di kebun. Valentine bukan dirayakan kaum muda saja tapi oramg tua juga. Valentine ini di manfaatkan utk hari refreshing bagi orang tua.

“Hari Valentine ini torang ja beking setiap taon kong torang ja beking dengan ba peknek di kobong, torng le ja beking sama-sama dengan Pemerintah Desa. Apalagi pas ini hari minggu, jadi kaluar gereja langsung ka kobong momasa di sana. Mungkin cm torang pe kampung yang ja merayakan hari valentine dengan bapeknek,” ujar Econg Toar dengan dialek kental khas Minahasa.

Adapun menu yang disajikan diantaranya makanan khas Minahasa, ikan babi, ikan bakar, jagung dan ubi.

Hukum Tua Desa Ranoiapo Jhon Komaling mengatakan bahwa memang benar di Desanya setiap tahun merayakan valentine di rayakan dengan makan bersama piknik di kebun masyarakat setempat. “Sering kebiasaan seperti ini. Bukan hanya anak muda tapi orang tua juga turut membaur,” ujar Komaling. (glen)