Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Dianggarkan Rp 20 Milliar, Bendungan Nimanga Siap Dibangun Pemkab Minsel

×

Dianggarkan Rp 20 Milliar, Bendungan Nimanga Siap Dibangun Pemkab Minsel

Sebarkan artikel ini

MTerkini.com, AMURANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) menyiapkan anggarkan sebesar Rp 20 Miliar untuk pembangunan bendungan air sungai Nimanga di Desa Lelema Kecamatan Tumpaan,

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Minsel Ir Jootje Tuerah ST MM mengatakan, tujuan pembangunan bendungan air di lokasi tersebut, untuk memenuhi kebutuhan petani dalam ketersediaan air untuk mengairi lahan persawahan.

“Saat ini ada kurang lebih 500 hektar lahan pertanian sawah di Desa Sulu dan Paslaten yang membutuhkan pasokan air. Bendungan air di sungai Nimanga, bisa dipastikan kebutuhan air untuk mengairi sawah akan terpenuhi, dan petani bisa beraktifitas dengan normal untuk mendapatkan hasil,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Tuerah mengatakan, selain akan membangun bendungan air, di lokasi tersebut juga akan dibangun tanggul penahan air untuk membendung air yang masuk ke areal pemukiman warga, sehingga tidak terjadi banjir pada saat musim hujan.

“Proyek peningkatan bendungan air dan pembangunan tanggul, menjadi bukti keseriusan Ibu Christiany Eugenia Paruntu SE, dalam memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Minsel khususnya Desa Lelema,” tukasnya.(dav)