Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanBitungEkonomi dan Bisnis

Lomban Paparkan Perkembangan BLCC di SISLOGNAS

×

Lomban Paparkan Perkembangan BLCC di SISLOGNAS

Sebarkan artikel ini

bitungMTerkini.com, BITUNG – Pengembangan Bitung Logistics Community College (BLCC) merupakan salah satu hal yang disampaikan Walikota Bitung terpilih periode 2016-2021 Maxmilian J Lomban, SE MSi, didampingi Pj. Walikota Bitung, Drs John Palandung dalam Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Sistem Logistik Nasional (Sisloknas) yang dihadiri Menko Perekonomian Dharmin Nasution dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE di Sintesa Peninsula Hotel Manado, Kamis (25/02/2016).

Lewat kesempatan itu Lomban memaparkan bahwa Pemerintah Kota Bitung telah berupaya semaksimal mungkin untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang nantinya akan dipersiapkan untuk dipakai di International Hub Port (IHP) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan didirikannya Akademi Komunitas Logistik Bitung atau BLCC.

“Tenaga kerja dengan jurusan Logistik ini menempuh pendidikan selama 2 tahun yang nantinya akan memiliki keahlian yang mahir di bidang logistik maupun di bidang supply chain,” tutur Lomban.

Namun selanjutnya, BLCC mulai mengalami kendala antara lain perubahan status Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi Perguruan Tinggi Negara Badan Hukum (PTN BH) sehingga ITB tidak boleh menerima dana DIPA yang menyulitkan penyaluran dana operasional dari Kementrian Risetdikti ke ITB.

“Bahkan status kemahasiswaan setelah menyelesaikan masa studi tidak mendapat ijazah melainkan hanya berupa sertifikat karena status ITB hanya ijazah S1,” ujar Lomban sembari menambahkan bahwa pendanaan dari APBN belum pernah terealisasi sampai saat ini.

Lomban berharap lewat kesempatan ini Pemerintah pusat lewat Menko Perekonomian dapat memperhatikan hal tersebut sehingga boleh ada solusi dari permasalahan tersebut yang disadari bahwa kebutuhan SDM khususnya di bidang Logistik adalah prioritas utama guna menunjang IHP dan KEK di Bitung.(ref)