Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEkonomi dan BisnisPemerintahan

Temui Menhub, Olly Minta Perluasan Runway Bandara Samratulangi

×

Temui Menhub, Olly Minta Perluasan Runway Bandara Samratulangi

Sebarkan artikel ini

MTerkini.com, SULUT – Luar biasa kumitmen Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, membangun daerahnya Nyiur Melambai. Padahal baru membilang tiga bulan memimpin Sulut bersama Wagub Steven Kandouw, OD sapaan akrab Bendahara DPP PDIP itu terus membuktikan akselerasi percepatan pembangunan.

gubernur
Gubernur OD saat menemui Menhub RI

Salah satu sektor penunjang pembangunan yang menjadi sasaran Gubernur pilihan rakyat ini adalah sarana transportasi. Baik itu transportasi Laut, transportasi darat maupun udarah.

Menindaklanjuti hal itu, Kamis (14/4/2016) OD menemui Menteri Perhubungan RI Ignatius Jonan.

Dalam pertemuan tersebut, secara lugas dan gamblang, Gubernur memaparkan kondisi Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, dalam mendukung Sektor Pariwisata sebagai salah satu Leading Sector Unggulan Sulut, perlu mendapat perhatian akan pengembangan dalam hal perluasan Terminal kedatangan dan keberangkatan sebagai Etalase/Show Window, bagi arus kedatangan para tamu di daerah ini.

menhub“Jadi kami telah mengusulkan ke Pak Menteri Ignatius Jonan, agar Run Way/Landasan Pacu Bandara Sam Ratulangi yang kondisi saat ini berjarak 2650 Meter, dapat di tambah sepanjang 150 Meter menjadi 2800 meter, sehingga nantinya dapat di darati oleh Pesawat2 berbadan lebar, semisal Air Bus type A 350 yang berkapasitas sekitar 400 penumpang, termasuk Penambahan Jam Operasional Terminal Bandara, yang kondisi saat ini beroperasi 17 Jam, menjadi 24 Jam penuh, guna mengantisipasi Pesawat dan Airplane dari dan ke Luar Negeri,” tandas Gubernur Olly Dondokambey, sebagaimana di kutip Juru Bicara Pemprov Sulut Roy Saroinsong,SH.

Selain itu, terungkap juga seputar sarana Transportasi Udara semisal Bandara Melonguane di Kabupaten Kepulauan Talaud, Bandara Naha di Kepulauan Sangihe serta Bandara Miangas.

Dimana untuk TA 2016 oleh Dirjen Perhubungan Udara, telah menyetujui bagi penambahan lintasan landasan pacu sepanjang 1400 meter, dan nantinya pada akhir Tahun ini diupayakan segera beroperasi dan bisa didarati oleh Pesawat Komersial maupun aktivitas tiba berangkat di Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara Tetangga Filipina tersebut, yang sesuai penuturan Kadis Hub dan Kominfo Sulut, Drs Joy Oroh yang turut serta dalam pertemuan tersebut.

Sementara itu, menyangkut sarana Transportasi Laut, oleh Gubernur Olly Dondokambey, mengusulkan agar percepatan fasilitas Pelabuhan Samudera Bitung menjadi Hub Port Internasional, bagi Arus keluar masuk Penumpang dan Barang dari Sulut, termasuk di dalamnya Pelabuhan Kontainer untuk aktifitas Bongkar Muat Peti Kemas di Kota Bitung.

“Termasuk juga penyiapan dermaga dan pelabuhan di Area Kawasan KEK Bitung agar memudahkan bagi para Pelaku Ekonomi dan Bisnis,” pinta Gubernur Olly Dondokambey.

Selanjutnya pada pertemuan yang berlangsung dalam suasana hangat dan dialogis yang menyita waktu 2 Jam ini, Gubernur OD, secara khusus pula menghimbau agar percepatan pembangunan Jalur Kereta Api Manado-Bitung yang nantinya terkoneksi dengan Pembangunan Jalur Kereta Api Manado-Makassar dapat segera di realisasikan dalam waktu dekat ini.

Turut hadir pula dalam pertemuan ini, Staf Ahli Menteri Perhubungan bidang Logistik Multi Moda dan Keselamatan Perhubungan, Ir Toni Budiono serta Staf Khusus Menteri bidang Keterbukaan Informasi Publik, Hadi M Djurait, Pimpinan Managemen Otoritas Bandara Sam Ratulangi Manado.