Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Walikota Bitung Hadiri Musrembang RKPD Sulut

×

Walikota Bitung Hadiri Musrembang RKPD Sulut

Sebarkan artikel ini

tmp_30070-IMG_20160419_222637653415511

MTerkini.com, BITUNG – Walikota Bitung Maximiliaan J. Lomban, SE, MSi menghadiri musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ‎Tahun 2017 yang dilaksanakan di Sutan Raja Hotel, kabupaten Minahasa utara (Minut). Kegiatan ini sendiri dibuka oleh ‎Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada Selasa (19/04/2016), dan ‎dihadiri juga para kepala daerah lainnya se-Sulut.

Musrenbang RKPD ini menghadirkan beberapa narasumber selain Mendagri, yakni Menteri koordinator bidang politik, hukum dan keamanan (‎Menkopolhukam) Luhut B Pandjaitan, Wakil Menteri Keuangan (Menkeu) Prof. DR. Mardiasmo dan kepala Badan pengawasan keuangan dan pembangunan (BPKP) Republik Indonesia (RI) DR. Ardan Adi dan dihadiri Gubernur Provinsi Sulut Olly ‎Dondokambey, SE bersama Wakil gubernur (wagub) Steven Kandou.

Lomban dalam kesempatan itu mengatakan Musrenbang RKPD Provinsi Sulut untuk tahun 2017 ini difokuskan pada program-program prioritas yang ada di ‎Provinsi Sulut termasuk Kabupaten/kota didalamnya, “Pembagian Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tidak ‎akan disamaratakan ke semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD), namun Fokus pada program prioritas seperti  infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pangan. karena kalau tidak ada program prioritas tidak akan nampak pembangunan dalam suatu daerah,” tutur Lomban menirukan apa yang disampaikan Wakil Menteri Keuangan RI.

Sementara itu menurut mendagri, tambah Lomban, Musrenbang kali ini untuk ‎mengklarifikasi, merevisi, dan menyusun kerangka pembangunan di Sulut ‎dengan mensinkronkan kinerja dan program pemerintah pusat ke pemerintah ‎provinsi dilanjutkan ke Pemerintah kabupaten/kota. “sinergitas yang dibangun bukan hanya lintas eksekutif saja, melainkan harus bersama-sama pihak ‎legislatif dan aparat TNI/Polri,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, Pemerintah kota Bitung akan terus berusaha mewujudkan visi ‎pembangunan Indonesia tahun 2015-2019 dengan mensinergikan program dan ‎kegiatan RKPD berdasarkan Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan Rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) serta mendukung agenda prioritas ‎dan pencapaian sasaran pembangunan Nasional tahun 2017 dengan cara ‎membangun komitmen yang tinggi dan bekerja sama melibatkan seluruh kelompok ‎dan lapisan masyarakat dalam membangun kota Bitung.

Turut Hadir RKPD ini, Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sulut, pimpinan Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) provinsi Sulut, dan instansi terkait lainnya‎. (ref)