Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEkonomi dan BisnisMinahasa Selatan

Gelar Sidak Disperindag Minsel Temukan Makanan Kadaluarsa

×

Gelar Sidak Disperindag Minsel Temukan Makanan Kadaluarsa

Sebarkan artikel ini

 

minsel, disperindag
Tim Disperindag Minsel saat melakukan sidak

manadoterkini.com, AMURANG-Untuk mencegah beredarnya barang kedaluwarsa agar tidak dikonsumsi masyarakat saat bulan puasa dan lebaran, Pemkab Minahasa Selatan (Minsel) melalui Dinas Pasar, Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) pada Selasa (28/6) siang tadi melakukan sidak di Pasar Tumpaan dan supermarket Alfamart, Indomaret dan Sakuramart.

Sidak tersebut Disperindagkop Minsel ini memeriksa masa berlaku makanan minuman dan keutuhan kemasan produk,

Setidaknya ada beberapa lokasi yang dikunjungi oleh Disperindakop, antara lain Pasar Tumpaan, Indomaret, Alfamart dan Sakuramart.

minselBeberapa jenis makanan dan minuman berhasil terjaring oleh petugas. Sehingga sampel dari makanan maupun minuman yang terindikasi masa berlakunya telah lewat dan kemasannya rusak diminta untuk ditarik dari pusat perbelanjaan tersebut.

Kepala Disperondakop Minsel Samuel Setho Slaat ST MSi melalui Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Minsel Melisa Aring SSTP yang memimpin tim tersebut menyampaikan kegiatan sidak tersebut dilaksanakan rutin setiap bulan kecuali pada waktu menjelang hari raya yang bisa dilaksanakan sampai 2-3 kali dalam sebulan.

“Yang menjadi sasaran pengecekan terutama adalah barang yang telah kedaluarsa dan kemasan yang kurang bagus termasuk makanan atau minuman yang tidak punya ijin edar. Sehingga makanan tersebut tidak dikonsumsi oleh masyarakat, apalagi mengingat bahaya makanan yang tidak berijin maupun yang telah kadaluarsa,” kata dia.

Menurutnya, dari hasil razia, ditemukan adanya kemasan-kemasan yang kurang bagus seperti kemasan rusak, makanan yang kadaluarsa hingga tidak ada label masa kadaluarsanya.

“Karena ini masih temuan awal dan sebagai bentuk pembinaan makanya kami hanya melakukan teguran dan memerintahkan untuk langsung ditarik,” ujarnya.

Dia menambahkan, setelah ini pihaknya juga akan terus melakukan pengawasan secara intensif di Supermarket ataupun Minimarket lainnya.

“Kami juga tidak akan segan untuk melakukan tindakan tegas kepada pengusaha yang nekat menjual makanan atau minuman kadaluarsa,” tandasnya.(dav)