Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanMinahasa Selatan

Harga Cengkih di Minsel Anjlok Pedagang Diduga Permainkan Harga

×

Harga Cengkih di Minsel Anjlok Pedagang Diduga Permainkan Harga

Sebarkan artikel ini

cengkimanadoterkini.com, AMURANG-Memasuki musim panen, harga jual cengkih terus mengalami penurunan. Pantauan manadoterkini.com beberapa waktu lalu, harga jual beli cengkih masih di kisaran Rp 115 ribu perkilogram. Hanya saja untuk saat ini harga cengkih di tingkat pedagang turun hingga Rp 94 ribu per kilogram.

Diprediksi, hingga masa panen cengkih nanti, harga tersebut akan terus mengalami penurunan. Banyak kalangan menduga, penurunan ini terjadi karena ulah pedagang yang sengaja memainkan harga.
“Sudah menjadi kebiasaan setiap memasuki masa panen, harga cengkih pasti turun dan nanti akan naik nanti setelah masa panen habis,” ujar Sammy Kumayas salah satu petani cengkih asal Motoling Barat.
Praktek ini menurutnya, dilakukan pedagang mengingat pada masa panen petani akan tetap menjual cengkih untuk membayar tenaga kerja dan kebutuhan lainnya. Apalagi jika petani cengkih tidak mempunyai simpanan dan hanya mengandalkan cengkih untuk dijual.
“Karena itu kami berharap Pemerintah agar memberikan jaminan harga dan melakukan pengawasan, sehingga pedagang tidak seenaknya mempermainkan harga. Idealnya harga cengkih diatas Rp100 ribu perkilogram, sebab dengan harga tersebut bisa menutupi biaya operasional dan Petani bisa menabung,” pintanya.(dav)