Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Assa dan GSVL Hadiri Ground Breaking Pekerjaan River Improvement of Lower Reaches of Tondano River Segment Manado

×

Assa dan GSVL Hadiri Ground Breaking Pekerjaan River Improvement of Lower Reaches of Tondano River Segment Manado

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MANADO – Realisasi pembangunan bantaran sungai Tondano, resmi dimulai. Buktinya, Gubernur bersama Walikota GS Vicky Lumentut mendampingi  Dirjen SDA Kementerian PUPR melakukan Groundbreaking DAS Tondano.

manadoPeresmian pemanjangan awal dimulainya pekerjaan River Improvement of Lower Reaches of Tondano River atau proyek penyelamatan DAS Tondano di jembatan Mahakam Manado, Rabu (10/8) pagi tadi.

Untuk mengurangi resiko besaran banjir dan resiko kerentanan banjir di Manado, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano menjadi komponen penting dalam pembangunan wilayah dan strategi pengelolaan Sumber Daya Air (SDA).

“Ini sangat dibutuhkan oleh warga Manado. Dikarenakan warga Manado telah menjadi korban akibat banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi pada Januari 2014 lalu, dampaknya merusak sarana infrastuktur jalan dan jembatan serta ratusan rumah penduduk,”jelas Olly.

Karena itu, lanjutnya program penyelamatan DAS Tondano dinilai sejalan dengan program operasi daerah selesaikan kemiskinan (ODSK) yang sedang digulirkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut diseluruh Kabupaten/Kota.

Pemprov berkomitmen kuat untuk penanganan masalah sosial bagi warga tinggal di bantaran sungai, dianggap tidak sesuai dengan standart tempat tinggal karena rawan mengalami banjir.

“Komitmen kami bersama Wali Kota Manado selama tiga tahun kedepan akan menata kembali setiap bantaran sungai di Manado, sehingga menjadi lebih baik dari saat ini. Untuk warga yang terkana proyek ini, kiranya mau berkomunikasi baik dengan Pemkot maupun Pemprov, kami terbuka untuk warga,”ungkap Olly.(tim)