Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Dihadapan Tim Penilai Pangripta, Kaban Liny Paparkan Pembangunan di Manado

×

Dihadapan Tim Penilai Pangripta, Kaban Liny Paparkan Pembangunan di Manado

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, MANADO – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kota Manado bersama-sama dengan Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Provinsi Sulawesi Utara mengikuti penilaian Anugerah Pangripta Nusantara tahun 2017 yang merupakan bentuk apresiasi kinerja pemerintah dalam merencanakan pembangunan.

Kota Manado yang diwakili oleh Bapelitbang Kota Manado dengan dipimpin oleh Plt. Kepala Bapelitbang, Dr. Liny Tambajong (Kaban Liny) pada Kamis (9/2/2017) mempresentasikan rencana pembangunan Kota Manado yang termuat dalam dokumen RKPD Kota Manado Tahun 2017 dihadapan Tim Penilai Anugerah Pangripta Nusantara Provinsi Sulawesi Utara.

Menurut Kaban Liny, RKPD Kota Manado tahun 2017 disusun secara top-down dan bottom-up. Secara top-down RKPD Manado mengambil Arah Kebijakan dan Strategi RPJMD tahun ke-3 Kota Manado dengan tetap memperhatikan program prioritas nasional, provinsi, dan kota.

“RKPD Kota Manado tahun 2017 mengambil arah kebijakan dan strategi RPJMD tahun ke-3 Kota Manado, yaitu Daya Saing, Pariwisata, Sumber Daya Manusia, dan IPTEK dengan memperhatikan program prioritas nasional yaitu nawacipta, program prioritas Provinsi Sulawesi Utara, Kota Manado dan tata ruang nasional, provinsi, dan kota” ujarnya. Kemudian untuk proses bottom-up RKPD Kota Manado tersusun dari proses teknokrat dan legislasi.

“Kita menggunakan aplikasi e-Musrenbang untuk menyaring aspirasi masyarakat, pada bulan januari sampai februari kita melaksanakan musrenbang kelurahan dan kami mendapatkan total 600 usulan. Kemudian melalui mekanisme eMusrenbang Kota Manado kami mendapatkan 185 usulan musrenbang tingkat kecamatan.” jelas Kaban Liny.

“Setelah itu kami melaksanakan forum PD untuk membahas program dan kegiatan PD dan konsultasi publik untuk mendapatkan usulan dari teknokrat dan tokoh masyarakat. Kita juga membahas hasil reses dari anggota legislatif. Setelah dibahas dalam forum PD itu menjadi Rencana Kerja Tahunan dari masing-masing PD. RKT itu merupakan penjabaran lima tahun rencana strategis PD. Dari RKT itu akan menjadi bahan finalisasi RKPD Kota Manado tahun 2017 yang kami jadwalkan pada bulan Mei.” Lanjut Kaban Liny

Tema dan prioritas pembangunan Kota Manado ditetapkan berangkat dari permasalahan pembangunan yang dihadapi oleh Kota Manado. “Tujuh prioritas pembangunan Kota Manado yaitu Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Tata Ruang, Pariwisata, Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi, Ekonomi dan Peningkatan Kesejahteraan Sosial, dan Lingkungan Hidup dan Mitigasi Bencana.” jelas Kaban Bapeitbang

Kaban Liny juga mengatakan untuk meningkatkan pelayanan publik di Kota Manado, Walikota, Dr. GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota, Mor Bastiaan, SE melalui Cerdas Command Center (3C) telah menerapkan beberapa layanan yang berbasis Teknologi dan Informasi seperti Qlue untuk melaporkan permasalahan yang ada di Kota Manado, TauPang aplikasi untuk memantau harga pangan, dan aplikasi lainnya yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja Perangkat Daerah Kota Manado. (dar)