Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Buka Rakornas, Wagub Kandouw : IKM Punya Peran Besar Menunjang Ekonomi

×

Buka Rakornas, Wagub Kandouw : IKM Punya Peran Besar Menunjang Ekonomi

Sebarkan artikel ini

 

minselmanadoterkini.com, SULUT – Sektor Industri Kecil Menengah (IKM) punya peran besar dalam menunjang pertumbuhan perekonomian di daerah. Hal ini diungkapkan Wagub Drs Steven Kandouw saat membuka pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penyusunan Program IKM yang digelar Kementerian Perindustrian RI di Aryaduta Hotel Manado Rabu (03/05) malam.

“Industri Kecil Menengah memiliki peranan yang sangat stategis dan penting yang dapat ditinjau dari berbagai aspek, seperti jumlah industrinya yang besar dan terdapat dalam setiap sektor ekonomi,” ungkap Wagub saat membawakan kata sambutan.

IKM memberikan akselerasi terhadap pembangunan daerah.

“Perkembangan IKM memberikan dampak positif terhadap pembangunan daerah, terlebih di era masyarakat ekonomi ASEAN saat ini,” tambahnya lagi.

Wagub pun mencontohkan sektor pariwisata Sulut yang digenjot Pemprov, dengan membuka jalur penerbangan langsung Manado ke beberapa kota di Cina memberi peran pada pertumbuhan ekonomi di Sulut saat ini.

“Kini pertumbuhan ekonomi di Sulut mencapai 6,01 persen, lebih tinggi jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang berada pada angka 5,02 persen pada triwulan yang sama,” terang Wagub sembari mengucapkan terima kasih pada Kementerian Perindustrian RI yang menggelar Rakornas di Bumi Nyiur Melambai.

Sementara, Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih mengatakan pemerintah akan memberdayakan IKM dari pinggiran Indonesia.

“Pemberdayaan IKM dari pinggiran Indonesia merupakan target dari Presiden Joko Widodo,” kata Gati.

Ditambahkannya, Presiden Joko Widodo tidak ingin pertumbuhan ekonomi hanya di satu wilayah tertentu, namun harus dari pinggiran.

“Pemerintah ingin ekonomi harus merata sehingga dampaknya cukup kuat mempertahankan perekonomian baik di daerah maupun masional,” katanya.

Adapun Peserta Rakornas, seluruh Disperindag di 34 provinsi di Indonesia dan 15 Kabupaten dan Kota di Sulut.

Turut hadir mendampingi Wagub, Asisten II R Mokogintada dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara, Jenny Karouw.(alfa)