Minggu, 31 Mei 2020

Dana Bergulir Untuk UKM Kota Bitung Rp 1,2 MiIiar

manadoterkini.com, BITUNG – Pemkot Bitung melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam waktu dekat bakal menyalurkan dana bergulir UKM. Dimana dana UKM untuk tahun 2017 sebesar Rp 1,2 Miliar.

“Ada 160an UKM yang sudah mengajukan proposal dan itu sementara kita survei untuk mendapatkan bantuan dana bergulir tahap pertama tahun 2017,” kata Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Pemkot Bitung, Mathius Randanan, Selasa (23/05/2017).

Mathius mengatakan, penyaluran dana bergulir UKM tahun ini benar-benar selektif, mengingat pada tahun-tahun sebelumnya banyak yang tak tepat sasaran.

“Kami betul-betul turun ke lapangan mengecek satu per satu UKM yang mengajukan proposal untuk memastikan apakah betul ada usaha atau hanya fiktif,” katanya.

Ia menyatakan, dana bergulir UKM sangat positif untuk membantu ekonomi masyarakat jika dimanfaatkan sesuai peruntukkannya.

Namun sayangnya kata dia, selama ini banyak masyarakat yang menerima dana itu menganggap bawah itu adalah dana hibah yang tak harus dikembalikan.

“Makanya jika bulan depan sudah mendapat persetujuan dari Walikota kami akan kumpulkan semua penerima dana bergulir dan mensosialisasikan jika dana itu harus dikembalikan dengan cara menyicil tiap bulan biar bisa digunakan untuk membantu masyarakat lain,” katanya.

Mantan Sekretaris Dinas Perhubungan ini berharap masyarakat membuka wawasan dengan memanfaatkan dana bergulir untuk meningkatkan perekonomian dengan menciptakan atau membuka usaha.

“Saat ini kondisi ekonomi sementara lesuh dan hanya UKM yang bisa bertahan, malah terus bertumbuh. Nah, kami berharap dana bergulir ini dimanfaatkan dengan baik,” katanya.(refly)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*