Rabu, 27 Mei 2020

Gandeng Kementerian PUPR RI, Bapelitbang Gelar Sosialisasi Walikota GSVL Dorong Terwujudnya Kota Baru Manado

manadoterkini.com, MANADO – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Manado untuk menciptakan kota baru Manado di kawasan Kecamatan Mapanget dan Bunaken terus diseriusi. Bahkan, rencana tersebut mendapat respon positif pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia. Hal itu terlihat saat berlangsung Sosialisasi Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Pemukiman Kota Baru Manado yang dilaksanakan Badan Penelitian dan Pembangunan (Bapelitbang) Kota Manado, di Meeting Room Bapelitbang, Kantor Walikota Manado, Jumat (05/05) siang tadi.manado

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dalam sambutannya mengatakan pengembangan kota baru Manado di kawasan Mapanget telah lama diwacanakan. Apalagi, sekarang ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui Gubernur Olly Dondokambey SE terus mendorong terwujudnya kota baru Manado.

”Kota baru Manado memang telah lama direncanakan, tetapi belum terlaksana. Mudah-mudahan rencana ini bisa terwujud sekarang. Saya berterima kasih kepada Pak Gubernur Olly Dondokambey yang mendorong terciptanya kota baru ini, serta mendapat dukungan Kementerian PUPR,” ujar Walikota GSVL.

Diakui orang nomor satu di Manado itu, untuk mewujudkan Smart City terrnyata tidak mudah, karena tidak hanya mengandalkan aplikasi saja. “Saya berharap lewat sosialisasi ini, bisa disiapkan persepsi persiapan kota baru yang lokasinya berada di pintu gerbang Sulut,” tukas Walikota GSVL.manado

Lanjut dikatakan, sekarang ini kondisi Kota Manado semakin sempit dengan banyaknya penduduk. Alasannya, kata Walikota GSVL, ketika dirinya menjabat Walikota pada tahun 2010 penduduk Kota Manado mencapai 400 ribuan jiwa, namun hingga tahun 2016 ini penduduk Kota Manado sudah lebih dari 500 ribu jiwa.”Itu berarti dalam kurun waktu hampir lima tahun ini bertambah 100 ribu penduduk dan itu tidak sebanding dengan infrastruktur kota. Sehingga, ada pembicaraan dengan Pak Gubernur akan memindahkan layanan publik dalam satu kawasan,” jelas Walikota GSVL.

Kepala Bapelitbang Manado DR Liny Tambajong menjelaskan luas kota baru Manado berkisar 5.184,63 Hektar yang meliputi Kecamatan Mapanget dan Kecamatan Bunaken.

Acara yang berlangsung penuh keakraban itu dihadiri pula Pelaksana Tugas Sekretaris Kota Manado Drs Rum Dj Usulu serta perwakilan dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI.(mlz)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*