Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Dipasarkan di Eropa, Belarusia Siap Tampung Ikan Tuna Asal Sulut

×

Dipasarkan di Eropa, Belarusia Siap Tampung Ikan Tuna Asal Sulut

Sebarkan artikel ini

Belarusiamanadoterkini.com, SULUT – Ikan tuna asal Sulut dipastikan akan masuk pasar eropa melalui Belarusia. Hal ini terungkap dalam pertemuan Duta Besar Belarusia untuk Indonesia, Vladimir Lopato Zagorsky dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, Selasa (20/6/2017) kemarin.

Menurutnya Belarusia memiliki pasar perikanan yang bagus untuk dikembangkan dari Sulut. “Pasar kesatuan ekonomi eropa berada di Belarusia. Ada 180 juta calon pembeli di sana. Pasar yang sangat besar. Ini sangat menjanjikan,” tegasnya.

Meski tidak semua jenis ikan yang akan dibeli Belarusia dari Sulut. Dia mengaku tertarik untuk membeli ikan tuna dari perairan laut Sulawesi dan menjualnya di negaranya. “Kami berniat membeli ikan tuna dari Sulut dan memasarkan kembali di sana,” tandasnya.

Untuk itu, point penting kedatandanya ke Sulut melihat lebih jauh kemungkinan kerjasama yang lebih aktif antara Sulut dan Belarusia dalam berbagai bidang. “Ini adalah pertemuan yang penting bagi kami. Hari ini kami berbicara mengenai kerjasama pengembangan ekonomi antara Belarusia dan Sulut,” ungkapnya.

Menanggapi rencana tersebut, Gubernur Olly turut mengapresiasinya. “Potensi perikanan sangat besar. Ini bermanfaat bagi perekonomian Sulut,” imbuhnya.

Diketahui, ikan jenis tuna di perairan Sulut memang lebih berkualitas dibanding perairan lain, sehingga permintaan dari luar negeri terus berdatangan. Ikan tuna asal Sulut telah diekspor ke beberapa negara di Eropa, Amerika dan Asia.

Adapun pertemuan tersebut turut dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen SE MS, Asisten II Rudi Mokoginta SE MTP dan staf Kedubes Belarusia untuk Indonesia.(hm/alfa)