Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Utara

Kerja Sama TNI Dan Pemkab Minut Cetak Sawah Baru di Desa Kawiley

×

Kerja Sama TNI Dan Pemkab Minut Cetak Sawah Baru di Desa Kawiley

Sebarkan artikel ini

minutmanadoterkini.com, AIRMADIDI – TNI dan Pemkab Minahasa Utara (Minut), masing-masing diwakili oleh Danrem 131 Santiago Brigjen Sabar Simanjuntak SIP MSc dan Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong, hadir dan turun langsung dalam kegiatan cetak sawah baru di Desa Kawiley Kecamatan Kauditan, Rabu (12/7/2017).

“Program Nawacita dari Presiden RI Jokowi, melalui 9 agenda prioritas Jokowi-JK yaitu Nawacita yang ketiga, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa-desa dalam kerangka negara kesatuan, TNI berada didalamnya melalui Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan siap mensukseskan program dari Presiden,” terang Simanjuntak.

Ditambahkannya, untuk Sulut saat ini sudah 400 hektar areal tanah yang dibuka, dari target TNI seluas 900 hektar untuk tahun 2017, dan ini akan dikerjakan hingga bulan September nanti.

Akan hal ini, Pemkab Minut melalui Wabup Minut Ir Joppi Lengkong menyambut baik, dan Pemkab Minut siap membantu menyediakan lahan sebesar 300 hektar yang tersebar di Desa Batu, Desa Palaes, Desa Wasian, Desa Winetin, Desa Kawiley, Desa Lembean, Desa Kolongan Kecamatan Kalawat.

“Dengan dibukanya lahan cetak sawah baru ini dapat mensuport program Pemkab Minut yang sangat peduli untuk mengerakan ekonomi pertanian, sesuai visi bersama Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan. Dan pemerintah Bupati Vonnie Aneke Panambunan dan dinas terkait akan membantu usaha pencetakan sawah baru ini. Kami akan mendampingi pencetakan sawah ini dengan pendampingan teknis dari tenaga pertanian. Dan setelah sawah selesai dicetak maka akan diberi bantuan benih, pupuk dan alsintan bagi kelompok tani yang akan menanam,” kata Lengkong.

Hadir pada kegiatan tersebut Dandim Bitung Letkol Inf Deden Hendayana SE, Koramil, Camat Kauditan Drs Ventje Warouw, Hukum Tua Kawiley Veddy Ngantung dan masyarakat petani Desa Kawiley.(Pow)