Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Wagub Kandouw Pimpin Forum Bahas Masa Depan Dunia Pariwisata Sulut

×

Wagub Kandouw Pimpin Forum Bahas Masa Depan Dunia Pariwisata Sulut

Sebarkan artikel ini

 

manadomanadoterkini.com, SULUT – Pada rapat Forom Koordinasi Lintas Sektor Pariwisata yang dilaksanakan di Hotel Swissbell Manado, Selasa (18/07/2017) pagi tadi, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw menekankan bahwa sekarang ini yang menjadi perhatian bukan hanya pada bagaimana mempertahankan jumlah wisatawan mancanegara, tetapi lebih kepada meningkatkan jumlah wisatawan.

“Pertemuan kita kali ini harus memperbincangkan bukan hanya tentang mempertahankan tetapi bagaimana menambah kunjungan wisatawan internasional ke Sulut,” kata Wagub.

Menurut Wagub Kandouw, saat ini pertumbuhan pariwisata Sulut bertumbuh pesat. Hal itu ditandai dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan pada tahun ini (2017).

“Secara de facto selalu digembor-gemborkan pariwisata Sulut mengalami kenaikan tertinggi di Indonesia. Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik), kunjungan turis di Bulan Juni tahun ini meningkat 300 persen dibandingkan dengan Juni tahun lalu,” katanya.

Keadaan itu, dikatakan Kandouw, menjadi peringatan agar semua pihak terus melakukan evaluasi berkelanjutan.

“Peningkatan kunjungan wisatawan itu menjadi perhatian serius bagi kita. Apakah ini bisa ditingkatkan? Ada tiga kemungkinan, bisa bertambah, tetap atau malah berkurang,” ujarnya.manado

Dengan evaluasi secara teratur, Kandouw yakin jumlah penerbangan pesawat yang selama ini yang membawa turis dari berbagai negara tidak akan berkurang namun sebaliknya terus bertambah karena jumlah kedatangan turis yang selalu meningkat.

“Konektivitas dari negara lain ke Sulut menggunakan pesawat charter flight yang artinya itu temporer. Sedangkan yang reguler saja bisa diberhentikan rutenya. Ini dalam konteks pariwisata internasional,” imbaunya.

Lebih jauh, Kandouw menyebutkan bahwa semua hasil yang mengembirakan itu tidak terlepas dari peranan Gubernur Olly Dondokambey SE yang selalu mempromosikan keunggulan pariwisata Sulut.

“Pak gubernur selalu mempromosikan wisata Sulut. Bahkan sudah ada MOU dengan negara Seychelles. Pariwisata disana sangat maju. Meskipun penduduknya hanya 100 ribu tetapi kunjungan turisnya sampai lima juta orang. Bahkan 90 persen perekonomian di sana ditunjang oleh sektor pariwisata,” terangnya.

Adapun pertemuan itu turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang, perwakilan dari dinas pariwisata kabupaten dan kota, Kantor Imigrasi dan PT. Angkasa Pura.(alfa)