Evaluasi Pemilu, KPU Minsel Gelar FGD

Minsel
Ketua KPU Minsel DR Fanley Pangemanan MSi

manadoterkini.com, AMURANG – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Senin (2/10) menggelar Focus Group Discussion (FGD).

Agendanya berupa evaluasi bersama dengan Pemkab Minsel serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), terkait pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) yang sudah beberapa kali diselenggarakan.

Ketua KPUD Minsel DR Fanley Pangemanan MSi mengatakan, FGD merupakan bagian dari tugas KPUD agar pelaksanaan pemilu berikutnya lebih berkualitas. Bersama dengan Pemda dan Forkopimda Minsel, kendala-kendala yang ada saat Pileg, Pilpres maupun Pilkada bisa didiskusikan dan dicarikan solusi. Sehingga kedepannya, pelaksanaan bisa semakin sukses.

“Ini kita lakukan untuk mengeksplorasi persoalan, masalah atau masukan dalam penyelenggaraan pemilu yang sudah dilakukan di Kabupaten Minsel. Dari diskusi dan evaluasi bersama ini, diharapkan bisa memberikan masukan dan solusi kedepannya nanti,’” ujar Pangemanan.

Ditambahkannya, hasil dari pelaksanaan FGD ini sendiri nantinya akan di teruskan atau dilaporkan ke KPU Pusat melalui KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Guna menjadi salah satu bahan kajian dan evaluasi KPU secara umum untuk menghadapi pemilu periode berikutnya. Sehingga bisa dilakukan perbaikan dan langkah antisipasi dari berbagai persoalan yang muncul saat pemilu.

“Termasuk persoalan data kependudukan yang kaitannya dengan jumlah pemilih. Termasuk juga soal anggaran pemerintah pusat, daerah maupun dari searing sendiri dari KPU Pusat maupun KPU provinsi. Karena ini juga menjadi salah satu faktor penunjang suksesnya pelaksanaan pesta rakyat setiap lima tahun sekali,” tandasnya.

Acara yang dibuka Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSI ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan Partai politik, Panwas, Kesbangpol, Camat, Lurah, dan sejumlah nama sumber dari perguruan tinggi, serta para undangan lainnya.(dav)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.