Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Pemkot Manado Raih Call Center Award 112

×

Pemkot Manado Raih Call Center Award 112

Sebarkan artikel ini

 

manadomanadoterkini.com, MANADO – Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, menyerahkan Penghargaan Call Center Award 112 kepada Pemerintah Kota Manado yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Manado Erwin Simson Kontu SH, Rabu (20/12/2017) di Jakarta.

Kota Manado menjadi satu – satunya kota di luar Jawa yang menerima penghargaan tersebut diantara Jakarta dan Surabaya. Call Center Manado Siaga 112 yang dilauncing pada 6 Desember 2017 berhasil menerima Sertifikat Kementrian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia sebagai Kota Penyelenggara.

Layanan publik berbasis teknologi komunikasi dan informasi dalam merespon panggilan Gawat Darurat merupakan ide briliant dan kerja keras Walikota Manado bersama Wakil Walikota GSVL – MOR untuk menghadirkan pelayanan publik yang cepat dan maksimal.

Kepala Dinas KOMINFO Kota Manado Erwin Kontu SH, usai menerima penghargaan menyampaikan apresiasi terhadap Kementerian Kominfo khususnya Direktorat Jenderal Pengelolaan dan Pemberdayaan Informatika (PPI) yang telah memberikan sertifikasi kepada Kota Manado sebagai penyelenggara layanan nomor panggilan darurat Call Center 112.

“Inisiatif Call Center 112 sebenarnya lahir sejak awal kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota pasca pelantikan Mei 2016 lalu. Dalam kegiatan Rakorev Baseline Kepemimpinan pada Juni 2016, Walikota GS Vicky Lumentut sudah menugaskan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan untuk mempersiapkan hadirnya sebuah unit pengembangan layanan publik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Atas inisiatif dan penugasan ini, Wakil Walikota mempersiapkan layanan Call Center sebagai bagian integral dari Cerdas Command Center sebagai integrasi model layanan Jakarta Smart City, Bandung Command Center, dan Surabaya Single Window. Secara kontinyu kami memang mendapatkan pembimbingan dari Direktorat Jenderal PPI Kementerian Kominfo yang menyediakan fasilitas trainning dan peralatan. Hanya saja, kesiapan sistem Cerdas Command Center telah menghasilkan penilaian terhadap kemandirian Kota Manado dalam mengoperasikan Manado Siaga 112,”ujar Kontu.

Lebih lanjut Kadis Erwin Kontu, menjelaskan bahwa Call Center Manado Siaga 112 merupakan usaha Pemerintah Kota Manado dalam mengantisipasi semua permasalahan kota yang bersifat darurat untuk segera bergerak cepat dalam proses penanggulangan suatu kejadian. Layanan Call Center Manado Siaga 112 sekarang ini dapat diakses masyarakat secara gratis bahkan tanpa SIM Card sekalipun, dengan tujuan mempermudah pelayanan pengaduan masyarakat untuk kebakaran, penanggulangan bencana, ambulans medis, gangguan keamanan, kecelakaan, dan kasus kegawatdaruratan lainnya. (angky)