Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Utara

Bupati VAP Minta Warga Proaktif Jaga Kebersihan, Saat Hadiri Sosialisasi Bank Sampah Di Desa Laikit

×

Bupati VAP Minta Warga Proaktif Jaga Kebersihan, Saat Hadiri Sosialisasi Bank Sampah Di Desa Laikit

Sebarkan artikel ini

minselmanadoterkini.com, AIRMADIDI – Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan (VAP) tegas meminta warga untuk proaktif menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Hal ini disampaikannya, saat hadir di kegiatan sosialisasi Bank Sampah, yang dilaksanakan di Balai Desa Laikit Kecamatan Dimembe, Kamis (15/2/2018).

“Saya mengarapkan agar masyarakat lebih proaktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, agar bisa menjadikan daerah kita lebih sehat. Mari kita semua menjaga kebersihan, karena kebersihan adalah bagian dari iman. Mari kita saling mengingatkan, ini juga akan berdampak positif bagi Kabupaten Minahasa Utara, untuk bisa meraih Adipura di tahun 2018 ini,” ujar Bupati VAP- sebutan akrab Panambunan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH Tinneke Rarung, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan Sampah dan LB3 (Limbah Berbahaya dan Bahan Beracun) Melky Rompis SE, menjelaskan bahwa bank sampah merupakan salah satu poin penting dalam penilaian adipura.

“Semakin banyak bank sampah dalam satu Kabupaten, maka semakin banyak poin yang dihitung. Mekanismenya, jika berminat maka pemerintah desa mengajukan permintaan ke instansi danl akan ditindaklanjuti ke Dinas Lingkungan Hidup Provinsi,” ungkap Rompis.

Lanjutnya, di Kabupaten Minut baru ada 4 bank sampah, masing-masing di Desa Watutumou 2, Kawangkoan Baru, Werot, dan Talawaan.

“Bank sampah sangat membantu masyarakat, dimana dilakukan proses pengolahan sampah organik dan anorganik, yang terlebih dulu dipilah. Kemudian dimanfaatkan menjadi pupuk untuk sampah organik, dan sampah anorganik dimanfaatkan menjadi bahan kerajinan tangan,” jelasnya.(Pow)