Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Edukasi dan ReligiManado

Pimpin Ibadah Pengucapan Syukur Minahasa di GMIM Kamang Tompaso, Penatua Vicky Ajak Jemaat Peduli Terhadap Anak

×

Pimpin Ibadah Pengucapan Syukur Minahasa di GMIM Kamang Tompaso, Penatua Vicky Ajak Jemaat Peduli Terhadap Anak

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, TOMPASO – Melihat anak-anak berarti melihat masa depan. Olehnya, sebagai umat Tuhan, orang tua, masyarakat dan jemaat harus memiliki kepedulian terhadap anak dengan memberikan bekal pendidikan yang baik dan takut akan Tuhan. Hal itu dikatakan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dalam kapasitas sebagai Ketua Komisi Pria Kaum Bapa (PKB) Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) saat dipercayakan kembali memimpin ibadah dan menjadi Khadim dalam ibadah perayaan Pengucapan Syukur se-Kabupaten Minahasa, di Jemaat GMIM Kamang, Desa Kamanga, Kecamatan Tompaso Minahasa, Minggu (22/07/2018) pagi hingga siang tadi.manado

Menurutnya, kesaksian Alkitab dalam Kitab Markus pasal 10 ayat 13 sampai 16, disebutkan bahwa Yesus Kristus sangat mempedulikan anak-anak.

“Biarkanlah anak-anak itu datang kepadaKu, jangan menghalang-halangi mereka. Tuhan Yesus sangat peduli terhadap anak-anak. Padahal, dalam Alkitab diceritakan murid-murid Tuhan Yesus melarang orang-orang membawa anak-anak kepada Tuhan Yesus. Sikap Tuhan Yesus yang peduli kepada anak, harus pula menjadi sikap kita, sebagai bapak-bapak dan ibu-ibu,” ujar Penatua Vicky Lumentut.

Dikatakan, kepedulian orang tua kepada anak janganlah berlebihan dengan memberikan fasilitas tanpa melihat dampak yang ada. “Acap kali kepedulian orang tua kepada anak sudah berlebihan. Karena sibuk kerja, anak diberikan gadget atau smartphone yang isinya kadang mengandung hal-hal yang tidak pantas bagi anak-anak seperti kekerasan, pornografi dan lain-lain yang tidak mendidik,” tukas Penatua Vicky Lumentut.

Ada juga orang tua yang memberikan kendaraan roda dua maupun roda empat, meskipun tidak sesuai dengan usia yang disyaratkan dalam Undang-Undang.manado

“Kepedulian orang tua kepada anak ada pula yang memberikan kendaraan baik roda dua maupun roda empat meskipun usia anak belum berumur 17 tahun. Akibatnya, selain mengganggu lalu lintas, juga membahayakan anak itu sendiri. Ini yang harus diperhatikan oleh orang tua, jangan sampai memberikan kepedulian yang salah,” tandas Penatua Vicky Lumentut.

Olehnya, tambah Walikota Manado dua periode itu, menjadi tanggung jawab orang tua Kristen untuk mengarahkan anak mengenal Yesus Kristus lebih dalam.

“Hendaklah pengajaran orang tua kepada anak agar mereka lebih mengenal Kristus dan melakukan hal-hal yang baik harus dilakukan berulang-ulang dan dalam berbagai tempat serta berbagai situasi seperti yang tertulis dalam Kitab Ulangan pasal 6,” ujarnya.

Terkait perayaan pengucapan di Kabupaten Minahasa, Penatua Vicky Lumentut ingatkan agar dirayakan dengan sukacita dan ucapan syukur atas penyertaan Tuhan bagi masyarakat Minahasa.manado

“Tuhan sudah memberikan kita berkat bagi masyarakat Minahasa, di bidang pertanian, peternakan dan berbagai profesi kita. Mari syukurilah itu lewat pengucapan syukur ini. Saya ajak untuk bersyukur kepada Tuhan dengan tidak melanggar hukum, tidak minum minuman keras dan sebagainya,” ujar Penatua Vicky mengingatkan.

Ibadah yang diwarnai dengan refleksi oleh kelompok fungsional lansia (lanjut usia) itu, diawali dengan penyambutan Khadim dengan menggunakan roda sapi oleh Panji Yosua GMIM Kamang Kamanga. Tampak hadir, Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) GMIM Kamang Kamanga Pdt Djane Manitik MTh, Ketua PKB Jemaat Kamang Kamanga yang juga Anggota PKB Sinode GMIM Pnt Alfa Pandey ST MSi. Terlihat pula beberapa pejabat Pemerintah Kota Manado yang dipimpin Penjabat Sekretaris Daerah Kota Manado DR Peter KB Assa ST MSc PhD.(*/tim)