Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Walikota Manado Hadiri Pagelaran Seni Budaya Bantik di Cibubur

×

Walikota Manado Hadiri Pagelaran Seni Budaya Bantik di Cibubur

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, JAKARTA – Pemkot Manado terus memberikan dukungan terhadap pelestarian budaya yang berakar ditengah masyarakat Kota Manado. Salah satunya budaya anak suku Bantik. Bahkan tidak hanya di Manado, dukungan yang diberikan Pemkot Manado untuk budaya Bantik juga dilakukan di luar daerah. manado

Seperti halnya pada Pagelaran Seni Budaya Bantik di Gedung Pandan Sari, Taman Bunga Wiladatika Cibubur, Banten, Jumat (27/07) malam tadi, dihadiri langsung Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA.  Acara yang berlangsung meriah dengan suguhan berbagai atraksi khas anak suku Bantik, seperti Tarian Mahambak, Tarian Kabasaran serta kesenian lainnya dengan menggunakan bahasa Bantik.

Walikota GSVL memberikan apresiasi atas kerja keras panitia serta pengurus Perkumpulan Masyarakat Bantik (PMB) se-Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) yang mengangkat dan melestarikan budaya anak suku Bantik.

“Selaku Walikota Manado, saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada panitia pelaksana yang didukung pengurus PMB se-Jabodetabek yang telah ikut melestarikan budaya Bantik sampai ke luar Manado. Ini membuktikan bahwa, budaya Bantik sangat dicintai oleh orang-orang Bantik meskipun mereka jauh dari Kota Manado. Kegiatan ini pula menjadi ajang baku dapa warga Kawanua khususnya orang-orang Bantik yang ada di Jakarta dan sekitarnya,” ujar Walikota dua periode itu.

bantik

Pagelaran Seni Budaya Bantik yang dilaksanakan di Cibubur tidak lepas dari semboyan adat masyarakat Bantik yakni Hinggilrida’ng atau saling mengasihi, Hintakinang atau saling membantu dan Hintalrunang saling mengingatkan.

Pagelaran Seni Budaya Bantik dengan Tema Membangun Rumah Bersama Anak Suku Bantik di Rantau, turut dihadiri Ketua Umum Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) DR Ronny Sompie SH MH yang juga Dirjen Imigrasi RI, Robby Mongisidi adik kandung Bote panggilan akrab Pahlawan Robert Wolter Mongisidi, anggota Dewan Manado Michael Kolonio, tokoh adat Bantik Manado AKBP Reno Bangkang, staf khusus walikota Drs Arie Turangan.(*/tim)