Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BitungEdukasi dan Religi

Lomban-Mantiri Rayakan HUT Ke-67 Sinode AM Gereja-gereja di Sulawesi Utara dan Tenggah

×

Lomban-Mantiri Rayakan HUT Ke-67 Sinode AM Gereja-gereja di Sulawesi Utara dan Tenggah

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, BITUNG – Walikota Bitung Pnt Max J. Lomban didampingi Ketua TP PKK Kota Pnt Khouni Lomban-Rawung menghadiri ibadah syukur HUT ke-67 Sinode AM Gereja-Gereja di Sulawesi Utara dan Tengah di jemaat PNIEL Manembo nembo, kecamatan Matuari, Minggu (16/09/2018).

Sementara itu Wakil Wali Kota Bitung Pnt Maurits Mantiri yang saat itu selaku Ketua panitia HUT Ke-67 SAG melaporkan bahwa kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 16 s/d 18 september 2018 ini mengagendakan berbagai jenis kegiatan diantaranya Ibadah Syukur, seminar bacerita, festival keberagaman pemuda lintas iman dan budaya serta rapat moderamen SAG sulutteng.

Lomban sendiri dalam sambutannya sangat mengpresiasi dan berterimakasih atas kepercayaan SAG Sulutteng untuk yang kedua kalinya mempercayakan Kota Bitung menjadi tuan rumah pelaksanaan perayaan HUT ke – 67 SAG, kiranya momentum ini dapat semakin mengokohkan semangat pelayanan bagi seluruh komponen oikumene yang ada.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Utara melalui Kepala Biro Pemerintahan dan Humas setprov, Pnt. DR. Jemmy Kumendong menyampaikan kiranya melalui perayaan HUT ke-67 ini SAG dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan iman guna tercapainya tujuan pelayanan dan kemulian nama Tuhan.

Pdt. Zakharias Widodo selaku sekretaris jenderal SAG menjelaskan Perayaan kali ini dihadiri oleh 13 Ketua sinode AM yang ada di Sulutteng. Perjalanan SAG sendiri untuk bisa mencapai usia ke- 67 tahun adalah sesuatu yang tdk mudah karena begitu banyak tantangan yang harus dihadapi.

Sedangkan sejarah gerakan oikumene ini sendiri merupakan dampak dari gerakan reformasi pada abad ke 16 serta pembentukan dewan gereja di amsterdam belanda tahun 1948, ditandai dengan terbentuknya dewan gereja indonesia yang menjadi tonggak terbentuknya dewan-dewan gereja yang ada di sulutteng.

Kegiatan ino sendiri diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Sekretaris Umum Sinode GMIM Pdt. Evert Tangel.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua WKI SAG Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Bitung, Kepala Dinas Koperasi, Kepala dinas perpustakaan, kepala BPBD, Kepala dinas PUPR, Dirut PDAM, Camat Matuari serta para pendeta dari 13 Sinode AM se suluttteng. (Refly)