Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Pejabat Eselon III Pemkot Bitung Lakukan Tes Psikometri

×

Pejabat Eselon III Pemkot Bitung Lakukan Tes Psikometri

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, BITUNG – Sebanyak 149 pejabat Eselon IIIa dan IIIb lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung melakukan tes kesehatan jiwa (Psikometri). Yang digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Walikota Bitung, Jumat (9/11/2018).

Kegiatan tersebut dibuka Asisten I Setda Kota Bitung mewakili Wali Kota Bitung Oktavianus Tumundo didampingi dr. Anita Dundu, SPKJ.

Dalam sambutannya, Tumundo mengatakan sebagai salah satu landasan dalam implementasi sistem merit, maka data kompetensi yang valid dan reliabel mutlak diperlukan di setiap instansi pemerintah termasuk di kota Bitung. Oleh karena itu, maka harus dilakukan proses pengukuran yakni melalui asesmen.

“Dari asesmen ini dapat diperoleh informasi profil kompetensi dan potensi pegawai, tingkat kesesuaian kompetensi dengan syarat jabatan serta kekuatan dan kelemahan pegawai. Berdasarkan informasi tersebut selanjutnya dapat dilakukan analisis gap kompetensi pegawai yang bermanfaat sebagai acuan dalam merencakan program peningkatan kompetensi pegawai,” jelasnya.

Mengingat pentingnya data hasil asesmen, lanjut Tumundo, para peserta diminta untuk jujur dalam mengisi setiap jawaban guna mendapatkan data yang valid dan reliabel yang sangat membantu dalam proses asesmen.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menjadi acuan dalam merencanakan program peningkatan kompetensi pegawai, sehingga dapat memaksimalkan kinerja pegawai kedepan,” pungkasnya. (Refly)