Pengawasan Partisipatif, BAWASLU Bitung : Kita Butuh Media

bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Peran Media baik itu cetak, televisi maupun online begitu penting demi terwujudnya Pemilihan Umum (PEMILU) tahun 2019 yang demokratis, transparan dan berintegritas. Pengawasan Partisipatif dari media begitu diperlukan.

Hal ini disampaikan Badan Pengawas PEMILU (BAWASLU) Kota Bitung saat menggelar dialog bersama Insan Pers, Rabu (12/12/2018) di Sekretariat BAWASLU Bitung.

“Kita butuh media untuk ikut bersama-sama mengawasi PEMILU. Saat ini kami BAWASLU Kota Bitung hanya ada 3 anggota, ditambah 3 orang ditingkatan kecamatan, 1 ditingkatan kelurahan serta nantinya 1 lagi di TPS. Tentu ini masih belum cukup dalam mengawasi setiap tahapan maupun pelaksanaan PEMILU. Pengawasan Partisipatif lewat media sangat dibutuhkan.” ujar ketua BAWASLU Bitung Debby Londok

Selain itu juga, media begitu penting bagi BAWASLU. Pasalnya, melalui pemberitaan masyarakat nantinya bisa mendapat informasi terkait kinerja BAWASLU sendiri.

“Semoga lewat kegiatan ini kita bisa mengetahui fungsi masing-masing, baik kita sebagai BAWASLU maupun media. Kiranya masyarakat dapat informasi yang tepat dari kinerja kita. Saat ini masyarakat masih minim terkait kinerja kita. Lewat kesempatan ini, kami ingin juga media memberitakam kinerja kami (BAWASLU, red) baik itu kinerja yang dinilai buruk maupun yang lain-lain,” tambah Zulkifli Densi Personil BAWASLU Bitung dalam kesempatan yang sama.

Diwaktu yang sama juga, Sammy Rumambi personil BAWASLU Bitung lainnya mengingatkan media terkait kampanye di dalam media. “Ada 9 Metode Kampanye yang dapat dilakukan oleh peserta PEMILU, tapi 3 diantaranya saat ini belum bisa dilaksanakan seperti Kampanye iklan di media, Rapat Umum dan Debat Calon,” katanya sembari memintah media dapat bersama sama dengan BAWASLU Bitung terkait pengawasan. (Refly)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan