Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPolitik

Punya Rekor Buruk Masa Lalu, Pangelu : Jangan Direkrut Jadi Anggota KPPS

×

Punya Rekor Buruk Masa Lalu, Pangelu : Jangan Direkrut Jadi Anggota KPPS

Sebarkan artikel ini
pangelu
Komisioner Badan Pengawas Pemiliu (BAWASLU) Sulut, Supriyadi Pangelu

manadoterkini.com, MANADO – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan menjadi ujung tombok suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019.

Untuk itu, Komisioner Badan Pengawas Pemiliu (BAWASLU) Sulut, Supriyadi Pangelu meminta KPU Kabupaten dan Kota untuk tidak merekrut anggota KPPS yang memiliki rekor buruk masa lalu.

“Bawaslu meminta KPU Kabupaten dan Kota harus selektif. Jangan rekrut anggota yang memiliki rekor buruk sebagai KPPS masa lalu,” kata Pangelu Jumat (15/3/2019).

Pangelu mengingatkan jangan sampai KPU salah merekrut anggota KPPS yang nanti memunculkan kecurangan dan melegitimasi pemilu buruk. Makanya, Pangelu menegaskan KPU Kabupaten dan Kota harus berhati-hati dalam melakukan proses rekrutmen tersebut.

“Salah rekrut tentu ada konsekuensinya. Apalagi jika KPPS yang direkrut melakukan kecurangan dan memanipulasi saat pemilu itu resikonya besar,” tegasnya.

Dirinya menambahkan, agar dalam proses rekrutmen anggota KPPS harus mempertimbangkan soal kapasitas, kualitas dan independensi karena mereka yang menentukan sah tidaknya surat suara di TPS.

Diketahui sejak tanggal 6-12 Maret telah dilakukan proses rekrutmen anggota KPPS yang akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 17 April mendatang.(*/mlz)