Rabu, 3 Juni 2020

Pemkab Minsel Gelar Musrembang Tingkat Kabupaten Tahun 2020

manadoterkini.com, AMURANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kabupaten tahun 2020.

Musrenbang yang dilaksanakan selama satu hari ini dibuka secara langsung oleh Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE yang diwakili oleh Sekdakab Minsel Denny Kaawoan SE MSi di Hotel Sutan Raja Amurang Selasa (19/3).

Musrembang yang dilaksanakan setiap tahun ini merupakan implementasi amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan peraturan menteri dalam negeri nomor 54 tahun 2010, tentang pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2008, tentang tahapan tata cara, penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah kedepan.

Bupati Minsel menginginkan kegiatan Musrenbang untuk pembangunan Minsel di tahun 2020 mendatang harus ada azaz manfaatnya, tidak hanya sebatas kegiatan seremonial belaka.

Dia menegaskan, dengan keterbatasan sumber dana yang dimiliki Pemkab Minsel saat ini setiap OPD diminta untuk dapat bertindak cerdas dan tidak mengedepankan ego masing masing dinas dalam bekerja.

“Sinergitas antar OPD yang telah tercipta diharapkan dapat terus ditingkatkan/bupati mewanti wanti setiap OPD agar tidak berpura pura bodoh dalam menjalankan tugas,” kata Kaawoan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Minsel Tertius Ulaan mengungkapkan, tujuan dari pelaksanaan musrembang ini pertama adalah menyingkronkan sasaran pembangunan daerah.

Dengan arah kebijakan pembangunan daerah Provinsi Sulut yang tercantum dalam rancangan awal RKPD Provinsi Sulut dengan RPJMD Kabupaten dan RTRW Kabupaten.

“Serta tujuan dari pelaksanaan pembangunan di masing-masing program studi, adapun waktu dan suasana akan dilaksanakan pada hari ini,” ujarnya.

Hadir dalam Musrembang ini, Wakil Ketua I DPRD Minsel Rommy Pondaag, perwakilan Bappeda Provinsi, Forkompimda, Para Kepala OPD, dan Para Camat serta Hukum tua.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*