Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEkonomi dan Bisnis

Resmi Buka Penerbangan Nanning – Manado, Sriwijaya Air Dorong Industri Pariwisata Sulut

×

Resmi Buka Penerbangan Nanning – Manado, Sriwijaya Air Dorong Industri Pariwisata Sulut

Sebarkan artikel ini
manado
Sriwijaya Air resmi membuka penerbangan Nanning – Manado

manadoterkini.com, MANADO – Sriwijaya Air kembali meresmikan penerbangan China – Manado, setelah sempat membuka penerbangan charter. Dengan melayani rute baru dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado menuju Bandar Udara Internasional Wuxu Nanning, Sriwijaya Air dijadwalkan terbang dua kali setiap minggu yakni pada hari Selasa dan Sabtu.

Pada penerbangan perdana Sriwijaya Air dari Nanning, Selasa (2/4/2019), Sriwijaya Air SJ 4131 tiba di Manado pada pukul 23.10 WITA membawa 154 penumpang menggunakan pesawat Boeing 737-800 dengan kapasitas 189 penumpang. Turut serta dalam rombongan penumpang Sriwijaya Air kali ini Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun.

“Masyarakat kini dapat menikmati penerbangan bersama maskapai Sriwijaya Air menuju Nanning yang merupakan salah satu kota terbesar di China,” ujar General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus ET Gandeguai.

Masuknya Sriwijaya Air dengan rute internasional dari China ini semakin menambah geliat peningkatan angka kunjungan wisatawan mancanegara yang masuk Sulawesi Utara melalui Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Kami selaku pengelola bandara, akan senantiasa mendukung program pariwisata pemerintah melalui kesiapan infrastruktur bandara, ditambah saat ini Bandara Sam Ratulangi Manado telah beroperasi 24 jam,” ungkap Minggus.

Menurut data Imigrasi Manado, turis China yang masuk melalui Bandara Sam Ratulangi Manado hingga Februari 2019 mencapai 20.495 atau meningkat 16% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Sriwijaya Air serta seluruh pihak yang telah membantu Sulawesi Utara untuk mengembangkan sayap dan semakin kuat di sektor pariwisata,” ungkap Lynda Wantania, selaku Kepala Dinas Perhubungan Daerah Sulawesi Utara.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Drs Vinsensius Jemadu, menuturkan pemerintah pusat melalui kementerian berkomitmen untuk mendukung segala bentuk program pemerintah provinsi, kota, maupun kabupaten dalam pengembangan sektor pariwisata.

“Kami berharap dibukanya penerbangan internasional Sriwijaya Air dapat diikuti dengan maskapai lainnya. Beberapa kali saya kunjungi kedutaan Tiongkok, disana saya selalu mendapat sambutan baik saat dilakukan pembahasan terkait Sulawesi Utara. Oleh karenanya, mari kita sambut momen ini, dimana Sulawesi Utara telah menjadi salah satu destinasi yang dituju oleh para turis mancanegara,” ujar Vinsensius.

Pada penyambutan penumpang perdana Sriwijaya Air kali ini, penumpang diberikan hiburan musik kolintang, pemberian bingkisan dan tentunya secara simbolis dilakukan pengalungan kain batik bentenan.

Sebelum melaksanakan kegiatan penyambutan penerbangan perdana kali ini, dilaksanakan makan malam bersama di Concordia Lounge Bandara Sam Ratulangi Manado yang dihadiri Direktur Niaga dan Komersial Sriwijaya Air Joseph Tendean, Direktur Operasi Sriwijaya Air Capt Fadjar Semiarto, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Drs Vinsensius Jemadu, Kepala Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Lynda Wantania, Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara Daniel A Mewengkang, Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata Sulawesi Utara, Dino Gobel, Kepala Otoritas Bandara Wilayah VIII Kolonel Pnb Sarmanto, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Manado Lenda Pelealu, perwakilan dari maskapai serta CIQ; dan tentunya jajaran manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado.(***/mlz)