Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

KARS Selesai Lakukan Penilaian di RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano

×

KARS Selesai Lakukan Penilaian di RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, TONDANO – Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) telah selesai melaksanakan penilaian di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Sam Ratulangi Tondano. Tim penilai KARS yang dipimpin Dr Tri Wahyu Sarwiyata MKes tersebut melakukan penilaian selama empat hari (21-24) Mei.

Kepada wartawan, Dr Wahyu sapaan akrab ketua tim penilai mengatakan bahwa mereka melakukan penilaian secara objektif. “Hasil ini akan dibawah ke KARS. Dan KARS lah yang akan menentukan apa hasilnya nanti berdasarkan apa yang kami dapat di lapangan sebagai potret RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano,” singkatnya.

Semwntara itu Direktur RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano dr Maryani Suronoto MBio Med, mengatakan, selama empat hari ini Tim Akreditasi telah melakukan sejumlah penilaian, dan hasilnya tinggal ditunggu.

“Kami tinggal menunggu hasilnya seperti apa,” kata Suronoto semberi berharap Rumah Sakit kebanggaan Tou Minahasa ini bisa mendapat hasil terbaik sebagaimana yang diharapkan.

Sementara, akreditasi ulang RSUD Dr Sam Ratulangi ini merupakan keharusan, sebab menjadi syarat utama bagi Rumah Sakit dalam melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Akreditasi yang dimiliki Rumah Sakit kebanggaan Kabupaten Minahasa yang dikelolah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa ini sendiri akan berakhir 29 Mei mendatang. Sehingga, perpanjangan akreditasi menjadi hal mutlak bila masih ingin melayani peserta BPJS Kesehatan.

Apalagi, saat ini Pemkab Minahasa dibawah pimpinan Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, telah menerapkan program universal coverage, dimana seluruh masyarakat Minahasa dijamin oleh Pemkab Minahasa soal BPJS gratis, khususnya untuk fasilitas kesehatan tingkat pertama atau Kelas III. (fis)