Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Edukasi dan ReligiMinahasa

Minahasa Sukses Jadi Tuan Rumah Hapsa WKI GMIM

×

Minahasa Sukses Jadi Tuan Rumah Hapsa WKI GMIM

Sebarkan artikel ini

minahasamanadoterkini.com, TONDANO – Kabupaten Minahasa sukses jadi tuan rumah pelaksanaan Hari Persatuan (Hapsa) Wanita Kaum Ibu (WKI) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM).

Dalam momentum yang dipusatkan di Lapangan Gelora Kuntung kolongan Atas Sonder tersebut, Ketua Sinode GMIM Pdt Hein Arina yang bertindak sebagai Khadim mengambil pembacaan Alkitab dalam Mazmur 128 : 1-6. “Berbahagialah setiap orang yang takut akan Tuhan, yang hidup menurut jalan yang ditunjukannya, isterimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu, anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun di sekeliling mejamu,” ujar Pendeta Arina dalam khotbah ibadah pembukaan.

Sementara itu ketua panitia Hapsa WKI Sinode GMIM Dra Fenny CH Roring Lumanauw, SIP yang adalah istri tercinta dari Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi menyampaikan bahwa Hapsa WKI GMIM merupakan wadah untuk menyatakan dan mempererat hubungan sebagai wanita gereja.

“Sebagai warga GMIM menjadi kebanggaan kami sebagai tuan rumah kegiatan ini di bawah tema ‘Tuhan membawa kita dari samudera raya’ dan sub tema ‘WKI yang beraksi, melayani dan kreatif, menjunjung budaya daerah berwawasan kebangsaan’,” kata Fenny.

Lanjutnya, Hapsa WKI GMIM tahun ini menjadi ajang yang sangat bergengsi dan mendapat support yang luar biasa dari semua WKI se- GMIM. Hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta yang meningkat signifikan dari tahun sebelumnya.

Dengan lima kegiatan berupa : Ibadah agung,lomba gerak jalan, lomba senam jantung sehat, lomba baca mazmur dan tenteng/junjung sosiru. Jumlah peserta yang terbanyak ialah gerak jalan jumlah 122 regu, baca mazmur 86 peserta, senam jantung sehat 47 regu dan tenteng sosiru 104 peserta.

“Keunikan dari pelaksanaan Hapsa tahun ini adalah lomba tenteng sosiru menggunakan kebaya Minahasa mengangkat budaya sebagaimana sub tema kegiatan Hapsa tahun 2019 ini. Dan disetiap lomba disediakan hadiah. Begitu juga dalam ibadah agung Hapsa ini ada rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan karena dalam pelayanan WKI GMIM Tuhan memakai para hambanya berperan dalam pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara,” jelasnya sembari mengucapkan selamat kepada ketua WKI Sinode GMIM yang telah terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019-2025 bersama pimpinan BPMS lainnya yang sudah terpilih.

Ketua WKI Sinode GMIM Dra Adriana Dondokambey, SSi menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada panitia Hapsa WKI Sinode Gmim, Komisi WKI Wilayah, Komisi pelayanan jemaat dalam menjalankan tugas pelayanan. “Semoga Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua,” singkatnya.

Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring, MSi (ROR) mengatakaan bahwa Minahasa diberkati karena daerah ini terbuka untuk semua kegiatan yang sifatnya positif. Apalagi kegiatan-kegiatan keagamaan. “Walaupun libur, salut kepada WKI yg sudah mensuport ketua Komisi WKI menjadi anggota DPR RI. Selamat berkomptesi kiranya Tuhan memberkati kita semua.

Gubernur Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili epala BKD Provinsi Dr Femmy Suluh dalam sambutanya menyampaikan bahwa melalui semangat dan kebersamaan ini, Pemerintah Provinsi menyampaikan apresiasi kepada seluruh WKI diberbagai aras. Secara khusus partisipasi seluruh WKI Gmim yang telah memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten / Kota.

“Disini peran kita sebagai warga GMIM harus merangkul gernerasi minelial dengan nilai-nilai keimanan. Karena iman tanpa pengetahuan adalah buta,” singkatnya. (fis)