Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Pemkot Bitung Gelar Festival Ketupat

×

Pemkot Bitung Gelar Festival Ketupat

Sebarkan artikel ini

 

bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Gelaran Festival Ketupat dalam suasana Halal Bi Halal Pemerintah Kota Bitung dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum Kantor Walikota Bitung, Jumat(21/06/2019).

Kegiatan yang masuk dalam Calendar of Event kota Bitung ini bertujuan merapatkan kekerbatan dan tali silahturami umat Muslim, masyarakat dan Pemerintah kota Bitung sekaligus mensyukuri penyertaan Allah SWT sepanjang bulan Puasa, Idul Fitri 1440 Hijriah yang pelaksanaannya berjalan rukun dan damai.

Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban dalam sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan Halal Bi Halal saat ini berbeda dengan yang sebelumnya dimana kali ini dirangkaikan dengan Festival Ketupat.

Hal ini menurut Lomban, merupakan salah satu agenda religi untuk melengkapi perayaan Idul Fitri di Kota Bitung dan berharap dapat diterima baik oleh umat Muslim maupun umat beragama lainnya.

Dalam kesempatan itu juga Lomban menjelaskan tentang filosofi ketupat yang sarat akan makna kehidupan mulai dari bahannya, proses pembuatan bahkan setelah menjadi Ketupat yang sangat identik dengan bagaimana cara setiap insan manusia menjalani kehidupan yang dipercayakan Tuhan.

“Untuk menjadi orang yang hebat kita harus melalui proses jatuh bangun, ujian akan datang silih berganti. Namun kita harus kuat dan sabar karena itu kunci menuju kehidupan yang lebih bermakna,” jelasnya

Kesempatan itu juga Lomban menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Merangkai Ketupat didampingi Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan.

Turut hadir Ketua TP-PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung, Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung Rita Mantiri Tangkudung, Ketua DWP Kota Bitung Riny Pangemanan Tinangon, para pejabat lingkup Pemkot Bitung, Forkopimda Kota Bitung serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.