Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

Isi Jabatan Lowong, Pemkab Minahasa Laksanakan Seleksi Terbuka

×

Isi Jabatan Lowong, Pemkab Minahasa Laksanakan Seleksi Terbuka

Sebarkan artikel ini

minahasamanadoterkini.com, TONDANO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melaksanakan seleksi terbuka untuk mengisi jabatan lowong di sejumlah instansi.

Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) serta Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (RD) hadir dalam momentum seleksi atau sering disebut dengan assessment tersebut yang dilaksanakan di Aula Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Minahasa pada Senin (1/7) tadi.

Kepada wartawan, ROR mengatakan bahwa dasar dari pelaksanaan sssessment test tersebut tertuang dalam UU nomor 5 Tahun 2019 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, tentang manejement PNS serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014, tentang Tata cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka di Lingkungan Instansi pemerintah.

Salah satu kebijakan pemerintah dalam menata sumber daya manusianya khususnya yang akan menduduki jabatan struktural di tiap eselon adalah dengan cara assessment test. Hal ini bertujuan agar jabatan tersebut bisa diisi oleh orang yang tepat (right man on the right place). Selain itu, yang dapat diusulkan mengikuti assessment test adalah seorang yang sudah lolos persyaratan administrasi, seperti kepangkatan, riwayat pekerjaan dan pendidikan.

“Pelaksanaan sssessment test di lingkungan Pemkab Minahasa ini bertujuan untuk menjaring pemimpin atau pejabat yang memiliki integritas, kompetensi dan mampu mengelola setiap tugas kerja dalam satu posisi jabatan yang sesuai dengan bidangnya,” ujar Bupati.

Lanjutnya hasil assesment test ini bukan hanya mempersiapkan ke esselon II, tetapi juga meninjau keberadaan dijabatan saat ini. “Jika ditinjau dari keberadaan jabatan tidak memadai akan menjadi pertimbangan untuk mutasi kedepan,” jelasnya.

Hadir juga pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng, SH, MSi, Inspektur Kabupaten Minahasa Frits Muntu, S.Sos, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Minahasa Ir Teddy Kamagi. (fis)