Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Bupati Minsel Hadiri Rakor Pembangunan LH dan Kehutanan di Jakarta

×

Bupati Minsel Hadiri Rakor Pembangunan LH dan Kehutanan di Jakarta

Sebarkan artikel ini

minselmanadoterkini.com, AMURANG-Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE menghadiri Rapat Koordinasi Pembangunan Lingkungan Hidup (LH) dan Kehutanan se-Ekoregion Sulawesi dan Maluku yang bertempat di Jakarta Convertion Center (JCC) pada Jumat (12/07).

Kegiatan yang bertujuan menggambarkan kondisi dan permasalahan (LH) dan Kehutanan di Daerah dalam Wilayah Ekoregion Sulawesi dan Maluku, serta menjawab ekspektasi daerah terhadap permasalahan tersebut. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Refleksi dan Proyeksi Pembangunan Lingkungan Hidup Kehutanan”.
Menteri LH dan Kehutanan RI melalui Staf Ahli Menteri Bidang Industri dan Perdagangan Internasional Ibu Ir. Laksmi Dhewanthi, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa, ada 3 hal saat ini menjadi hal yang penting dalam konteks internasional dan global (1) Hak Asasi Manusia (2) Demokratisasi (3) Lingkungan Hidup.
“Penekanan Pentingnya LH dan Kehutahan menjadi kunci dan jawaban dari solusi atau tantangan pembangunan yang dihadapi saat ini. Terlebih lagi bahwa kita sebagai aparat pemerintah yang diserahi amanah amanah untuk mengembangi berbagai macam amanah dari undang-undang 45. Salah satu amanah yang diberikan adalah untuk menjamin lingkungan hidup yang bersih dan sehat bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.
Dia juga mengatakan, pada saat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup terutama pengurangan beban pencemeran, perlindungan konservasi, dan melindungi ekosistem-ekosistem yang esensial.
“Peran salah satu stakeholder yang menjadi penting yaitu generasi muda, kita sekarang berada dalam milenial, dimana generasi muda sekarang yang nantinya mudah-mudahan atau sebagian sudah menjadi Aparat Sipil Negara dan nanti pasti akan menjadi tulang punggung dari roda pembangunan pemerintahan ini adalah kunci untuk melahirkan birokrasi yang dinamis, birokrasi adaptif, birokrasi yang mengenali tantangan pada saatnya dan mencoba mengatasi solusi pada saat yang tepat,” tukasnya.
Sementara itu, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE mengatakan bahwa, kondisi bencana banjir saat ini sudah sangat menghawatirkan karena hampir setiap hujan deras dapat menggenangi beberapa titik disejumlah titik yang ada di Kabupaten Minsel.
“Hal ini tentu membutuhkan perhatian serius bukan hanya Pemda tetapi juga Pemerintah Pusat,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, Bupati yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Roi Rumangkut ST dan Kabag HumPro Pemkab Minsel Altin Sualang SSTP MPA juga bertemu dengan Penentu Kebijakan diantaranya Staf Ahli Kementerian LH dan Kehutanan menyampaikan lansung hal tersebut.
“Puji Tuhan direspon dengan sangat bagus dimana masalah ini sudah dicatat dan akan dilakukan tindak lanjut,” kata Bupati
Bupati juga berharap bahwa, kegiatan ini terus berkelanjutan dan sangat penting untuk membicarakan kondisi lingkungan di masing-masing Daerah. Kemudian saling memberikan informasi dan solusi bagi Daerah yg sudah sukses dalam hal Penanganan Lingkungan Hidup.(dav)