Atasi Kemacetan, Jalan Tol Manado – Amurang Bakal Dibangun Tahun Depan

minselmanadoterkini.com, AMURANG-Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE (OD) mengungkapkan, proyek pembangunan jalan tol penghubung Manado – Amurang rencananya akan mulai direaliasikan awal tahun depan. Tol tersebut diharapkan dapat mengatasi masalah kemacetan kendaraan yang kerap terjadi di jalur trans Sulawesi.

Hal tersebut disampaikan OD saat menghadiri HUT ke -1 Jemaat GMIM Jerusalem Tumpaan Baru.
Gubernur menjelaskan bahwa, masalah kamacetan kendaraan yang sering terjadi di jalur trans Sulawesi dapat diatasi dengan membangun jalan tol dari Manado menuju arah Minahasa selatan (Minsel).
“Kami yakin dengan kerjasama antara Kementerian PU dan Pemda dalam membangun jalan tol bisa menyelesaikan masalah macet,” katanya.
Namun begitu, lanjut OD, membangun jalan tol di sepanjang jalur Manado – Amurang tidaklah mudah. Pasalnya, kontur di sepanjang jalur tersebut banyak daerah yang berbukit.
“Medan berbukit ini harus dikaji mendalam agar tol ini bisa segera direalisasi,” imbuhnya.
Menurut Gubernur, pembangunan tol di sepanjang jalur tersebut sangat urgent. Pasalnya, lalu lintas kendaraan roda empat selama ini kerap terhambat akibat padatnya aktivitas warga di sepanjang jalan tersebut.
“Kemacetan kendaraan lebih dipengaruhi oleh kondisinya jalannya yang berbukit dan juga jalannya sempit. Makanya sangat urgent dibangun jalan tol dari Manado ke Minsel tahun depan. Karena di sepanjang jalur tersebut banyak penduduk. Dan itu sangat mengganggu kelancaran lalu lintas, apalagi ketika padat kendaraan,” ujarnya.
Dia juga mengatakan bhawa, rencana pembangunan jalan tol tersebut sudah dipikirkan sejak bertahun-tahun lalu, namun tak kunjung direalisasi. “Rencana pembangunan jalan tol ini sudah dikoordinasikan. Bahkan, DED-nya sudah dibuat oleh Pemprov,” ucapnya.
Sementara itu, dalam peta perencanaan pembangunan jalan tol tersebut terdapat beberapa alternatif rute. Dari rute itu, total panjang jalan tol diperkirakan sepanjang 57.6 kilometer. Sedangkan anggaran yang dibutuhkan akan mencapai angka triliun.(dav)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan