Kemenko Polhukam RI Pantau Persiapan Pilkada di Minsel

manadoterkini.com, AMURANG-Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, menyedot perhatian pemerintah pusat. Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menjadi salah satu dari ratusan daerah di Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada tahun 2020 mendatang.

Terkait hal itu Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE yang diwakili Sekdakab Minsel Denny Kaawoan SE MSi yang didampingi Kaban Kesbangpol Minsel Drs Benny Lumingkewas, Ketua KPUD Minsel Rommy Sambuaga, Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem, dan Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo SIK serta Dandim 1302 Minahasa menerima kunjungan Tim Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) yang dipimpin Asisten Deputi Penguatan Partai Politik dan Pengolahan Pemiluka, Yusran Yunus pada Kamis (10/10).

Pertemuan ini dalam rangka rapat Konsolidasi Persiapan Pelaksanaan Pilkada pada 2020 tahun depan.
Terkait pelaksanaan Pilkada serentak, Menko Polhukam telah membentuk tim terpadu Pilkada 2020. Tim disebar ke seluruh wilayah Indonesia untuk memantau kesiapan Pilkada mulai dari tahapan awal, saat pelaksanaan hingga evaluasi.

“Dari tahapan itu kita akan melihat kesiapan dari pemerintah, penyelenggara, partai, hingga partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Dari sisi pemerintah, Menko Polhukam ingin melihat apakah pemerintah sudah memberikan fasilitas untuk mendukung pelaksanaan Pilkada. Begitu juga TNI/Polri, bagaimana konsep Polri untuk rencana pengamanan di tahap awal, pelaksanaan hingga pasca Pilkada. “TNI/Kodim juga akan membackup Polri dalam hal pengamanan,” sambungnya.

Dia pun mendapat pemaparan dari pemerintah, TNI/Polri, penyelenggara yakni KPU dan Panawaslu, serta partai politik.
“Kita juga ingin tahu sistem pengamanan di TPS seperti apa,” ujarnya.
Terkait partisipasi masyarakat, Dia mengaku mendapat garansi dari Badan Kesbangpol Minsel bahwa, target di Pilkada partisipasi masyarakat mencapai 95 persen. Lebih tinggi dibandingkan partisipasi masyarakat saat Pilpres dan Pileg lalu.
Untuk kondisi di Minsel, Dia menilai, semua telah berjalan baik. Anggaran pilkada hingga kondisi keamanan dijamin tidak ada persoalan besar. “Kapolres dan Dandim menyakinkan Minsel aman. Secara umum, Minsel memang relatif aman,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Minsel melalui Sekdakab Minsel Denny Kaawoan SE MDi mengatakan, dirinya menyampaikan persiapan-persiapan Pilkada, baik terkait kebijakan, sarana dan prasarana, dukungan SDM di KPU dan Banwaslu, dan persiapan dari segi pendanaan.
“Kesimpulan dari ketua tim, Minsel sudah siap melaksanakan Pilkada,” kata Kaawoan.
Dia juga akan mengeluarkan edaran agar semua ASN di lingkup Pemkab Minsel agar benar-benar netral dalam Pilkada.(dav)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan