Rencanakan Bangun PLTA dan PLTMH, Investor Asing Presentasi Dihadapan Bupati Minahasa

minahasamanadoterkini.com, TONDANO – Kabupaten Minahasa bisa jadi akan ketambahan sarana Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH). Jika tidak ada aral melintang, PLTA akan dibangun di Sungai Nimanga Desa Tincep dan PLTMH berlokasi di Sungai Munte.

Fakta tersebut setelah Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) menerima  investor dari dari PT Mega Tirta Energi, bersama Kim Seong Gug selaku President direktur PT Korean Energi, untuk rencana pembangunan PLTA. Dan dari PT Minahasa Daya Abadi Investor dari negara Czech Republic, Mr Jan Bohac selaku Project Manajer dan Mr Jan Pilar MSc selaku Regional Director Indonesia and Malaysia, HYDROPOL Project & Mangement. Margie Dotulong selaku Direktur PT Minahasa Daya Abadi untuk rencana pembangunan PLTMH.

Kehadiran para investor tersebut pada Senin (14/10) tadi di ruang kerja bupati sekaligus mempresentasikan apa yang menjadi rencana pembangunan pada sektor kelistrikan.

“Kedatangan para investor asing ini membuktikan keseriusan untuk berinvestasi di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Kabupaten Minahasa pada sektor kelistrikan, melalui rencana pembangunan PLTA dan PLTMH yang berlokasi di sungai yang ada di wilayah Kabupaten Minahasa,” ujar Bupati.

Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Minahasa mendukung penuh jika ada yang akan berinvestasi. “Kami akan menjembatani dan berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara guna mendampingi kepengurusan para investor yang akan berinvestasi di Minahasa,” jelasnya.

Sementara itu, dari pihak investor mengungkapkan jika mereka sangat membutuhkan dukungan pemerintah untuk berinvestasi. “Semoga pembangunan PLTA dan PLTMH dapat terwujud sebagai sumber energi terbarukan bagi masyarakat Sulawesi Utara, khususnya Minahasa,” ujar juru bicara dari pihak investor.

Dalam momentum tersebut, dipresentasikan manfaat dari pembangunan PLTA dan PLTMH. Antaranya bertambahnya pasokan listrik untuk masyarakat, memberikan peluang kerja bagi masyarakat sekitar, serta untuk tujuan wisata baru terutama wisata air, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. (fis)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan