Serius Kendalikan Enceng Gondok, Sejumlah Alat Berat Dikerahkan

Sulutmanadoterkini.com, TONDANO – Penyebaran enceng gondok di Danau Tondano sudah menjadi perhatian banyak pihak. Tak terkecuali masyarakat Kabupaten Minahasa khususnya. Kritik pun sering dilancarkan masyarakat buat Pemkab Minahasa terkait penanganan gulma tersebut.

Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Maya Kainde SH MAP mengatakan bahwa kritik dari masyarakat adalah hal yang positif. “Terkait penanganan enceng gondok, saat ini Pemkab Minahasa sementara berupaya mengatasinya. Bukan hanya di danau, tapi juga di Sungai Tondano. Ada alat berat yang sementara bekerja,” ujar Kainde Rabu (27/11) tadi.

Lanjutnya, komitmen Bupati ROR dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM (RD) terkait menangani enceng gondok tak perlu dipertanyakan lagi. Buktinya, Pemprov Sulut dan pemerintah pusat bahu-membahu dengan Pemkab Minahasa menangani enceng gondok.

“Pak Bupati dan Wakil Bupati sangat serius untuk mengatasi persoalan eceng gondok ini. Ada berbagai upaya yang saat ini dilakukan mengingat penyebarannya sudah sampai di sungai Tondano. Alat-alat berat baik dari Pemkab Minahasa maupun PLN sudah disiagakan untuk mengangkat dan membersihkan eceng gondok dari sungai,” jelasnya.

Ada berbagai cara yang dilakukan Pemkab Minahasa untuk menanggulangi eceng gondok di Sungai Tondano. Selain pengangkatan dengan alat berat, pada Sabtu pekan ini juga akan diadakan lomba pengangkatan eceng gondok di Sungai Tondano.

“Memang penanganan eceng gondok harus dilakukan secara berkesinambungan. Rencananya tahun 2020 mendatang Pemkab Minahasa juga akan bekerjasama dengan pihak TNI Polri dan pihak lembaga sosial gereja serta seluruh masyarakat untuk mengendalikan eceng gondok di Danau Tondano. Untuk itu mohon dukungan dari seluruh masyarakat sehingga persoalan ini bisa segera terselesaikan,” pungkas Kainde. (fis)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan