Musrenbang RKPD Kecamatan Malalayang, dikawal langsung Kepala Bapelitbangda Manado

Malalayang

Kepala Bapelitbangda Liny Tambajong didampingi Camat Rein Heydemans saat memberikan arahan di Musrenbang Kecamatan Malalayang.

manadoterkini.com, MANADO – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Manado sudah masuk di tingkatan kecamatan. Tujuannya, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 di 87 Kelurahan.

Dan Jumat (14/02/2020) ini, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado menggelar Musrenbang RKPD di Kecamatan Malalayang, yang dipusatkan di halaman Kantor Camat Malalayang, dihadiri dan dikawal langsung Kepala Bapelitbangda Liny Tambajong.

Liny Tambajoing menjelaskan, Musrenbang RKPD di Kecamatan merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/Stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai prioritas pembangunan di wilayah kecamatan, yang didasarkan pada hasil Musrenbang Kelurahan.

“Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPK terkait sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja SKPK pada tahun 2021,” ujar Liny Tambajong.

Adapun tujuan dari pelaksanaan musrenbang RKPD tahun 2020 di Kecamatan adalah: Menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/ kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan; Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa; Menyepakati pengelompokkan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Kabupaten/Kota.

“Kunci keberhasilan pembangunan tidak terlepas dari peran serta masyarakat secara aktif dimulai dari proses perencanaan, pengendalian dan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan,” kata Liny Tambajong.(*/mlz)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan