Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Panen Jagung di Desa Mopolo, Kadis Pertanian Minsel Kukuhkan 3 Koptan

×

Panen Jagung di Desa Mopolo, Kadis Pertanian Minsel Kukuhkan 3 Koptan

Sebarkan artikel ini
pengukuhan
Pengukuhan Kelompok Tani oleh Kadis Pertanian di Desa Mopolo

manadoterkini.com, AMURANG – Kepala Dinas Pertanian Minahasa Selatan Frangky Pasla SE MSi, mengkukuh 3 (tiga) Kelompok Tani (Koptan) di Desa Mopolo, Kecamatan Ranoyapo, Selasa (03/03/2020). Pengukuhan tersebut dirangkaikan dengan panen jagung bersama Koptan di Perkebunan Desa Mopolo.

Pasla mengatakan Kabupaten Minsel telah menetapkan rencana detail tata ruang dalam kebijakan penyediaan lahan pertanian berkelanjutan. Artinya Dia katakan bahwa, Pemkab Minsel sudah menyusun perencanaan pangan terintegrasi dengan provinsi dan pusat dari aspek penyediaan lahan pertanian berkelanjutan.

“Untuk mengawal kebijakan tersebut sangat diperlukan strategi dan arahan-arahan teknis. Oleh karenanya saya meminta kepada para Koptan untuk dapat memainkan peran dan fungsinya dalam memperkuat posisi pangan di Minsel,” ujarnya.

panen jagung
Kedis Pertanian Minsel Frangky Pasla panen jagung di Desa Mopolo

Dia juga mengatakan bahwa, saat ini persoalan pangan menyangkut aspek konsumsi. Konsumsi sebagaian besar masyarakat masih didominasi jagung. Sementara konsumsi bahan pangan lainnya seperti umbi-umbian, kacang-kacangan maupun sayur dan buah masih dibawah anjuran.

Dia berharap ada keterlibatan dan tanggung jawab semua pihak dalam menyelesaikan kompleksitas permasalahan pangan dan gizi di Kabupaten Minsel.

“Saya juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas peran lintas sektor yang aktif dan responsif terhadap isu-isu pangan dan gizi di Kabupaten Minsel,” tandasnya.(dav)